PROBLEMATIKA PERAN HAKIM MEDIASI DI PA BANTUL DALAM MENEKAN ANGKA PERCERAIAN (STUDI KASUS DI PA BANTUL TAHUN 2019-2021)

Syahreza Azhari, NIM.: 14350052 (2021) PROBLEMATIKA PERAN HAKIM MEDIASI DI PA BANTUL DALAM MENEKAN ANGKA PERCERAIAN (STUDI KASUS DI PA BANTUL TAHUN 2019-2021). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROBLEMATIKA PERAN HAKIM MEDIASI DI PA BANTUL DALAM MENEKAN ANGKA PERCERAIAN (STUDI KASUS DI PA BANTUL TAHUN 2019-2021))
14350052_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PROBLEMATIKA PERAN HAKIM MEDIASI DI PA BANTUL DALAM MENEKAN ANGKA PERCERAIAN (STUDI KASUS DI PA BANTUL TAHUN 2019-2021))
14350052_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Dalam pandangan ulama pernikahan adalah suatu perjanjian yang membolehkan istimta', yaitu persetubuhan dengan seorang wanita, boleh bagi seorang wanita, bukan dengan wanita yang tidak sah baik karena keturunan atau karena menyusui. Namun di sisi lain dalam dunia pernikahan ada konflik antara suami dan istri yang mengakibatkan perselisihan antara suami istri yang memuncak dapat membuat rumah tangga tidak harmonis, sehingga akan mendatangkan kemudaratan. Selanjutnya, Islam memberikan jalan untuk perpisahan/percearaian. Dari konflik tersebut ikhtiar demi ikhtiar dilakukan setiap pasangan, salah satunya dengan mediasi dari kedua pihak. Hal ini sesuai dengan peraturan yang telah di perbarui dan dijadikan landasan di Pengadilan Agama Bantul ialah PERMA No. 1 Tahun 2016. Dengan demikian penelitian ini menjelaskan bagaimana problematika peran hakim mediasi di pa bantul dalam menekan angka perceraian (studi kasus di pa bantul tahun 2019-2021) Penelitian ini juga meruapakan penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan yuridis empiris. Sifat penelitian deskriptif analitis, menjelaskan dan menganalisis pendapat Hakim mediator di Pengadilan Agama Bantul. Data primer yang digunakan adalah wawancara dengan salah satu hakim mediator di Pengadilan Agama Bantul. Data sekunder yang digunakan ialah literatur yang berkaitan dengan mediasi Sifat penelitian dalam penelitian ini adalah deskriptif analitis dimana suatu penelitian yang dilakukan bertujuan untuk memberikan gamabran dan deskripsi tentang suatu keadaan secara objektif dan untuk memecahkan dan menjawab persoalan yang sedang dihadapi sekarang. Hasil penelitian ini telah ditemukan bahwa peran hakim mediator di Pengadilan Agama Bantul kurang maksimal. Hakim mediator dalam perkara perceraian sudah berusaha semaksimal mungkin untuk memutuskan rantai perkara agar tidak berkepanjangan. Peran hakim mediasi di Pengadilan Bantul belandaskan Perma No.1 Tahun 2016 dan dilaksanakan dengan damai. Dalam mengambil Putusan perdamaian hakim di Pengadilan Agama Bantul berusaha seadil-adilnya. Permasalahan yang dimediasikan harus diselesaikan, karena salah satu pihak ada yang tetap bersikukuh ingin bercerai, maka dilakukan jalan terakhir yaitu perceraian. Putusan Hakim mediator Pengadilan Agama Bantul didasarkan pada alasan-alasan yang dapat dibuktikan. Proses mediasi dalam perkara perceraian di Pengadilan Agama Bantul oleh Hakim mediator telah dilakukan sesuai Perma No 1 tahun 2016 dan sesuai dengan surah An-Nisa ayat 128 dan 130 bahwa menjelaskan perdamaian lebih baik secara mutlak dari pada pertikaian. Jika hubungan suami istri sulit untuk dibangun kembali dan didamaikan, maka islam juga tidak memberatkan mereka untuk berpisah. Selain itu dalam hadist diajarkan bahwa mendamaikan dua orang yang sedang berseteru, maka harus ada hakam atau mediator dengan memberikan kabar baik antara suami dan istri agar hati semakin tenang dan damai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Hj. Ermi Suhasti Syafei, MSI.
Uncontrolled Keywords: Hakim mediator; divorce; wanita
Subjects: Hukum Islam > Fiqih > Pernikahan > Perceraian dalam Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Islam (S-1) > Hukum Keluarga
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 03 Feb 2022 11:09
Last Modified: 03 Feb 2022 11:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48765

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum