KEBAHAGIAAN UTILITARIANIS KAUM HIJABER (Studi Pada Perempuan Komunitas Ikatan Alumni Darussalam Ciamis Yogyakarta)

Bunga Amilatun Solihah, NIM.17105040067 (2021) KEBAHAGIAAN UTILITARIANIS KAUM HIJABER (Studi Pada Perempuan Komunitas Ikatan Alumni Darussalam Ciamis Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Arman Adiviani Bahari, NIM. 17105020049 (2021) IMPLEMENTASI MANEMBAH SUJUD SUMARAH TERHADAP RELIGIUSITAS UMAT)
17105040067_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (Arman Adiviani Bahari, NIM. 17105020049 (2021) IMPLEMENTASI MANEMBAH SUJUD SUMARAH TERHADAP RELIGIUSITAS UMAT)
17105040067_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan budaya pop kian pesat memasuki lini-lini keagamaan. Hijab bukan sebatas dimaknai sebagai nilai religiusitas seseorang, melainkan bentuk aktualisasi kemoderenan sikap. Hijab dari waktu ke waktu telah mengalami banyak perubahan mulai dari warna, corak, model dan jenis-jenis hijab itu sendiri. Hal ini mempengaruhi tingkat konsumsifitas yang kian tinggi di kalangan masyarakat, termasuk dalam hal ini adalah Hijaber Komunitas Ikatan Darussalam Ciamis(IKADA) Yogyakarta. Perilaku konsumtif jika dipandang secara singkat memang cenderung negatif karena mengarah pada perilaku pemborosan harta. Namun, di lain sisi pandangan lain bisa berbicara. Konsep utilitarianisme John Stuart mill memandang segala perilaku harus memiliki manfaat, letak manfaat dalam pandangan Mill tergantung pada tingkat kebahagiaan seseorang yang mana kebahagiaan itu adalah bukti adanya kebermanfaatan dari tindakan individu. Dari konsep ini timbul kegelisahan penulis, pasalnya perilaku pemenuhan gaya hidup yang hanya memperhatikan kesenangan semata tanpa menimbang sisi kebutuhan adalah perilaku yang kurang sesuai dengan nilai-nilai hidup sederhana berdasarkan sosialisasi yang kita terima, terlebih bagi IKADA yang notabennya kaum santri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode penelitian wawancara dan observasi dengan melibatkan perempuan Alumni Pondok Darussalam Ciamis Yogyakarta sebagai objek penelitian. Penelitian ini menggunakan teori Utilitarianisme John Stuart Mill sebagai pisau analisi untuk melihat perubahan gaya hidup IKADA setelah bersinggungan dengan trend hijab, serta bagaimana mereka memaknai kebermanfaatan atas rasa kebahagiaan yang mereka miliki dari perilaku konsumtif. penelitian ini disajikan melalui tiga tahapan, pengumpulan data, reduksi data, penyimpulan data. Dalam penelitian ini di temukan bahwa perilaku gaya hidup IKADA berbeda ketika telah menjadi alumni pesantren menjadi lebih konsumtif dan mengikuti zaman. Fakta di lapangan menunjukan bahwa perilaku membeli hijab yang di lakukan oleh kaum hijaber IKADA menghasilkan beberapa kebermanfaatan seperti halnya meningkatkan kepercayaan diri, menutup aurat serta sebagai self reward. Kebermanfaatan tersebut tercipta apabila individu memiliki tujuan akhir dari perilaku nya yang mengarah pada hal baik. Kaum hijaber IKADA yang membeli hijab merasa dirinya lebih percaya diri serta terlindungi ketika mengenakan hijab. Begitu juga hijaber IKADA membeli hijab agar dapat meningkatkan kepercayaan diri mereka serta memberika apresiasi pada diri sendiri (self reward). Pada kesimpulannya perilkau konsumtif dalam permasalahan ini bagi IKADA merupakan hal yang positif dengan menimbang kebermanfaatan dari sisi psikologi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Nur Afni Khafsoh, M.Sos.,
Uncontrolled Keywords: Hijaber, Perilaku Konsumtif, Utilitarianisme.
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 21 Jan 2022 11:22
Last Modified: 21 Jan 2022 11:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48776

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum