UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN TERJEMAH DENGAN E- MODUL BERBASIS QURANIC ARABIC CORPUS (QAC) DI PRODI PBA UMY

Siti Sofiyah, NIM.: 19204020018 (2021) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN TERJEMAH DENGAN E- MODUL BERBASIS QURANIC ARABIC CORPUS (QAC) DI PRODI PBA UMY. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN TERJEMAH DENGAN E- MODUL BERBASIS QURANIC ARABIC CORPUS (QAC) DI PRODI PBA UMY)
19204020018_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN TERJEMAH DENGAN E- MODUL BERBASIS QURANIC ARABIC CORPUS (QAC) DI PRODI PBA UMY)
19204020018_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendesain dan mengembangkan sebuah produk yang efektif dan efisien pada mata kuliah terjemah yang berbasis QAC. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE yang digunakan untuk menghasilkan produk dan menguji keefektifan produk tersebut. Desain pengembangan pada mata kuliah terjemah yang berbasis QAC menggunakan angket validasi dan angket respon mahasiswa. Produk pengembangan oleh ahli materi dikategorikan valid dengan nilai rata-rata 34 dan oleh ahli media dikategorikan sangat valid dengan nilai rata-rata 62. Tingkat kualifikasi valid dari angket respon mahasiswa dari kualifikasi sangat setuju dengan skor 0.53 dari skor 0.6. Hasil pree test di kelas A dan kelas B yang dilakukan secara bersamaan ini menunjukkan rata-rata yaitu 51,1 pada kelas eksperimen dan 48,40 di kelas kontrol. Peningkatan hasil belajar diperoleh dari hasil post test yang diuji dengan SPSS IBM 25 dinyatakan bahwa 0,532 > 0,05. Hal ini dapat disimpulkan terdapat pengaruh hasil belajar mahasiswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan media e-modul berbasis QAC, sehingga secara efektif dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa kelas A PBA UMY. Dengan melihat rata-rata kelas kontrol lebih kecil dibanding kelas eksperimen pada soal post test yaitu 78,86 < 82.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing.: Dr. Muhammad Jafar Shodiq, MSI.
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Terjemah, Quranic Arabic Corpus (QAC)
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 21 Jan 2022 10:54
Last Modified: 21 Jan 2022 10:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48779

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum