PENDAYAGUNAAN DANA ZAKAT MELALUI BISNIS RITEL MINI MARKET DI KOTA PADANG (STUDI KASUS MINI MARKET DAYA MART I KOTA PADANG)

Mahlil Bunaiya, NIM.: 19203012072 (2021) PENDAYAGUNAAN DANA ZAKAT MELALUI BISNIS RITEL MINI MARKET DI KOTA PADANG (STUDI KASUS MINI MARKET DAYA MART I KOTA PADANG). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDAYAGUNAAN DANA ZAKAT MELALUI BISNIS RITEL MINI MARKET DI KOTA PADANG (STUDI KASUS MINI MARKET DAYA MART I KOTA PADANG))
19203012072_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENDAYAGUNAAN DANA ZAKAT MELALUI BISNIS RITEL MINI MARKET DI KOTA PADANG (STUDI KASUS MINI MARKET DAYA MART I KOTA PADANG))
19203012072_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Saat ini banyak ditemukan lembaga zakat pemerintah dan non pemerintah yang berupaya untuk mengembangkan dan memproduktifkan dana zakat, seperti pada praktik yang dilakukan oleh Lembaga Zakat Dompet Dhuafa dengan program pendayagunaan dana zakat melalui bisnis ritel mini market “Daya Mart I” di Kota Padang. Akan tetapi, pendayagunaan dana zakat sesuai dengan syariat Islam dan hukum positif yang berlaku menjadi bagian yang fundamental dalam pelaksanaan pendayagunaan dana zakat, karena pada dasarnya sejak awal kewajiban zakat sudah ditentukan siapa yang mengeluarkan zakat dan siapa yang berhak menerima zakat. Oleh karena itu, perlu diteliti dan dianalisis pelaksanaan program pendayagunaan dana zakat oleh Dompet Dhuafa melalui bisnis ritel mini market “Daya Mart” di Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reseacrh) dengan metode kualitatif. Sementara itu, sifat penelitian ini adalah deskriptif-analitis dengan pendekatan filosofis yuridis. Metode filosofis dan yuridis dipilih karena pendekatakan filosofis akan menilai secara Syariat Islam dan Pendekatan Yuridis akan menilai secara perundang-undangan atas pelaksanaan pendayagunaan dana Zakat oleh Lembaga Zakat Dompet Dhuafa dengan program bisnis ritel mini market “Daya Mart” di Kota Padang. Pengumpulan data penyusun menggunakan metode observasi dan wawancara. Adapun hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Bisnis ritel mini Market Daya Mart I dipilih sebagai bentuk pendayagunaan dana zakat dengan empat alasan. Kedua, program pendayagunaan dana zakat melalui bisnis ritel mini market Daya Mart I belum efektif, karena belum meratanya penyaluran dana zakat yang ditetapkan dan tingginya resiko pendayagunaan dana zakat melalui bisnis ritel mini market. Ketiga, menurut Syariat Islam pelaksanaan pendayagunaan dana zakat sudah memenuhi syarat memproduktifkan dana zakat dan merupakan penerapan maslahat (I‘tibar al-Maqāshid wa al-Mashālih). Menurut Hukum Positif telah dilaksankan sesuai dengan ketentuan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat dan Peraturan Amil Zakat Nasional Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2018 tentang pendayagunaan dan pendayagunaan zakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Gusnam Haris, S.Ag., M.Ag
Uncontrolled Keywords: Amil zakat; zakat; bisnis ritel; zakat produktif; dompet dhuafa
Subjects: Hukum Islam > Zakat
Bisnis Syari'ah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Magister Ilmu Syari'ah (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 03 Feb 2022 13:30
Last Modified: 03 Feb 2022 13:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48800

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum