TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PENERAPAN UNDANG-UNDANG NOMOR 17 TAHUN 2012 BAB V (KEANGGOTAAN) TENTANG PERKOPERASIAN (Studi Kasus Praktik Pinjaman kepada Non Anggota Koperasi Tani Sejati Dusun Gembes Desa Masaran Munjungan Trenggalek Jawa Timur)

Handrias Yulianto, NIM.: 16380061 (2021) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PENERAPAN UNDANG-UNDANG NOMOR 17 TAHUN 2012 BAB V (KEANGGOTAAN) TENTANG PERKOPERASIAN (Studi Kasus Praktik Pinjaman kepada Non Anggota Koperasi Tani Sejati Dusun Gembes Desa Masaran Munjungan Trenggalek Jawa Timur). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PENERAPAN UNDANG-UNDANG NOMOR 17 TAHUN 2012 BAB V (KEANGGOTAAN) TENTANG PERKOPERASIAN (Studi Kasus Praktik Pinjaman kepada Non Anggota Koperasi Tani Sejati Dusun Gembes Desa Masaran Munjungan Trenggalek Jawa Timur))
16380061_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PENERAPAN UNDANG-UNDANG NOMOR 17 TAHUN 2012 BAB V (KEANGGOTAAN) TENTANG PERKOPERASIAN (Studi Kasus Praktik Pinjaman kepada Non Anggota Koperasi Tani Sejati Dusun Gembes Desa Masaran Munjungan Trenggalek Jawa Timur))
16380061_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Sistem ekonomi merupakan suatu rahmat yang tidak ternilai bagi umat manusia. Seandainya sistem tersebut dilaksanakan secara menyeluruh dan sesuai dengan agama, akan menjadi sarana yang dapat memberikan kepuasan bagi setiap kebutuhan masyarakat. Melakukan kegiatan ekonomi adalah merupakan tabiat manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Salah satunya adalah kegiatan pinjam meminjam yang dilukan antara koperasi tani sejati dengan pihak non anggota. Dalam pengertian pinjam meminjam yang terdapat pada undang-undang nomor 17 tahun 2012 tentang perkoperasian yang dimana kegiatan usaha simpan pinjam sebagai satu-satunya usaha yang melayani anggota. Tetapi dalam praktiknya koperasi tani sejati juga melakukan kegiatan pinjam meminjam dengan pihak diluar anggotanya dengan alasan harus memutar modal untuk koperasi, karena kurangnya kesadaran dari pihak anggota dalam melakukan usaha simpan pinjam dengan koperasi. Penelitian ini berusaha menjawab pertanyaan pokok: Bagaimana praktik transaksi pinjaman kepada non-anggota dikoperasi tani sejati?. Bagaimana transaksi pinjaman kepada non anggota di koperasi Tani Sejati berdasarkan prinsip hukum Islam?. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif-analitik dengan menggunakan teori Maslaḥah Mursalaḥ sebagai kajian hukum islam dan undang-undang nomor 17 tahun 2012 tentang perkoperasian sebagai hukum positif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan tentang praktik pinjaman kepada non anggota Koperasi Tani Sejati Dusun Gembes Desa Masaran Munjungan Trenggalek Jawa Timur ditinjauan dari hukum islam serta penerapan undang-undang nomor 17 tahun 2012, maka penyusun menyimpulkan bahwa yang melatarbelakangi praktik pinjaman antara koperasi tani sejati dan pihak non anggota karena kurang adanya kesadaran dari anggota koperasi dalam menjalankan usaha simpam pinjam didalam koperasi. Akan tetapi dalam praktik pinjaman non anggota di koperasui tani sejati ada unsur saling tolong menolong sebagai konsep Maslaḥah Mursalaḥ antara pihak koperasi dan pihak non anggota. Sehingga praktik pinjaman tersebut sudah memenuhi rukun dan syarat syahnya praktik pinjaman dalam hukum islam, sehingga praktik ini syah dan diperbolehkan. Maka konsep Maslaḥah Mursalaḥ sejalan dengan adanya unsur kemanfaatan bagi pihak non anggota dan pihak koperasi. Maslaḥah tersebut terlihat dari bagaimana dampak yang ditimbulkan dari praktik pinjam meminjam antara pihak koperasi dan pihak non anggota, dampak dari praktik pinjaman tersebut dapat dirasakan oleh kedua belah pihak baik dari pihak koperasi maupun pihak non anggota. Keuntungan yang dirasakan oleh pihak koperasi adalah dapat memutarkan modal yang didapat dari praktik pinjaman dengan non anggota, sedangkan keuntungan bagi pihak non anggota adalah mendapatkan modal yang besar untuk memenuhi kebutuhan yang mendesak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Syafaul Mudawam, M.A., M.M.
Uncontrolled Keywords: Koperasi Tani; hutang piutang ; simpan pinjam; kredit; qardh
Subjects: Hukum Islam
Simpan Pinjam - Hukum Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Islam (S-1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 04 Feb 2022 13:17
Last Modified: 04 Feb 2022 13:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48815

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum