PRAKTIK PEMBENTUKAN KELUARGA SAKINAH BAGI KELUARGA KARIR (STUDI DI TEMPLEKAN AL-HIDAYAH, DUSUN CANDIKUNING II, DESA CANDIKUNING, KECAMATAN BATURITI, KABUPATEN TABANAN, BALI)

Taufan Muslim, NIM.: 16350059 (2021) PRAKTIK PEMBENTUKAN KELUARGA SAKINAH BAGI KELUARGA KARIR (STUDI DI TEMPLEKAN AL-HIDAYAH, DUSUN CANDIKUNING II, DESA CANDIKUNING, KECAMATAN BATURITI, KABUPATEN TABANAN, BALI). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PRAKTIK PEMBENTUKAN KELUARGA SAKINAH BAGI KELUARGA KARIR (STUDI DI TEMPLEKAN AL-HIDAYAH, DUSUN CANDIKUNING II, DESA CANDIKUNING, KECAMATAN BATURITI, KABUPATEN TABANAN, BALI))
16350059_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PRAKTIK PEMBENTUKAN KELUARGA SAKINAH BAGI KELUARGA KARIR (STUDI DI TEMPLEKAN AL-HIDAYAH, DUSUN CANDIKUNING II, DESA CANDIKUNING, KECAMATAN BATURITI, KABUPATEN TABANAN, BALI))
16350059_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Keluarga adalah pasangan suami istri, baik yang memiliki anak atau tidak sama sekali, artinya suami istri yang terbentuk karena ikatan perkawinan, hidup bersama, dari hal tersebut terletak pula segala hak dan kewajiban masing-masing individu dalam keluarga. Melalui perkawinan diharapkan mampu menghasilkan keturunan yang dapat menjamin kelangsungan eksistensi manusia di bumi. Masyarakat Templekan Al-Hidayah sebagian merupakan keluarga karir/bekerja, baik itu bekerja merantau ke luar kota ataupun tidak. Dengan kesibukan tersebut tidak menutup kemungkinan bahwa permasalahan keluarga dapat muncul setiap saat. Pokok masalah yang diangkat yaitu untuk mengetahui bagaimana praktik keluarga karir yang dilakukan dalam membentuk keluarga sakinah dan mengetahui tinjauan hukum islam terhadap praktik yang dilakukan keluarga karir dalam membentuk keluarga sakinah di Templekan Al-Hidayah, Dusun Candikuning II, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research), sifat dari penelitian adalah deskriptif-analitik, pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi, menggunakan pendekatan normatif, metode analisis data yang digunakan analisis data kualitatif dengan menggunakan kerangka berpikir induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik yang dilakukan keluarga karir yaitu: Saling pengertian dan memahami keadaan masing-masing pasangan, saling mendukung, saling percaya antar pasangan, menjalin komunikasi dengan baik, mengirimkan uang bulanan secara rutin, saling menjaga diri dan perasaan, menyerahkan semuanya kepada Allah, bekerja dengan maksimal, bekerja secara bersama-sama, memperkuat rasa cinta dan kasih sayang, permasalahan diselesaikan dengan musyawarah, berusaha jujur terhadap pasangan, memberikan pemahaman agama kepada anak.Tinjauan hukum Islam keluarga karir di Templekan Al-Hidayah, Dusun Candikuning II, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan adalah bahwa keluarga pasangan yang ada tidak bertentangan dengan hukum Islam, karena antara suami istri bekerja sudah merupakan kesepakatan bersama dan hal tersebut dilakukan karena kondisi ekonomi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: HJ. Fatma Amilia, S.AG., M.SI.
Uncontrolled Keywords: kasih sayang; suami istri; keluarga; karir
Subjects: Hukum Keluarga > Keluarga Islam
Keluarga Sejahtera
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Islam (S-1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 07 Feb 2022 15:18
Last Modified: 07 Feb 2022 15:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48859

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum