PERAN PEKERJA SOSIAL DALAM PENANGANAN KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN DAN ANAK (STUDI KASUS DI PUSAT PELAYANANTERPADU PERLINDUNGAN PEREMPUAN DAN ANAK (P2TP2A) KABUPATEN KULONPROGO)

Isti’ana Yuliartati, S.Sos.I, NIM.: 18200010054 (2021) PERAN PEKERJA SOSIAL DALAM PENANGANAN KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN DAN ANAK (STUDI KASUS DI PUSAT PELAYANANTERPADU PERLINDUNGAN PEREMPUAN DAN ANAK (P2TP2A) KABUPATEN KULONPROGO). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN PEKERJA SOSIAL DALAM PENANGANAN KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN DAN ANAK (STUDI KASUS DI PUSAT PELAYANANTERPADU PERLINDUNGAN PEREMPUAN DAN ANAK (P2TP2A) KABUPATEN KULONPROGO))
18200010054_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERAN PEKERJA SOSIAL DALAM PENANGANAN KEKERASAN TERHADAP PEREMPUAN DAN ANAK (STUDI KASUS DI PUSAT PELAYANANTERPADU PERLINDUNGAN PEREMPUAN DAN ANAK (P2TP2A) KABUPATEN KULONPROGO))
18200010054_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dirancang sebagai sebuah penelitian dengan desain studi kasus di Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Kulonprogo sebagai lokasi penelitiannya. Tujuan penelitian ini adalah menelaah realitas empiris dan mendalam tentang pengalaman P2TP2A Kulonprogo dalam menangangi tindak kasus Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak terutama dalam hal: (1) Tindak pencegahan dan penanganan, (2) dinamika dalam penangangan kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak yang mengalami Kekerasan dalam Rumah Tangga (KDRT), dan (3) peran yang dilakukan oleh pekerja sosial dalam kasus tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak. Data Primer penelitian ini adalah data pokok berbentuk wawancara dikumpulkan melalui teknik wawancara mendalam (indepht interview), dihimpun dari stakeholders yang terlibat langsung dalam kasus tersebut antara lain penanggung jawab dan pengelola P2TP2A, dan pekerja sosial. Pemilihan informan sebagai subjek penelitian dilakukan secara purposif dengan sistem bola salju (Snow-Ball). Sementara data sekunder berupa observasi dan dokumen (baik tulisan resmi ataupun milik pribadi untuk mendukung dan memperkuat pencatatan selama berlangsungnya penelitian) dikumpulkan melalui teknik dokumenter. Sedangkan analisis data dari upaya mencari dan menata secara sistematis catatan wawancara, observasi, dan dokumentasi digunakan teknik analisis data kualitatif dengan metode deskriptif-analitis. Hasil penelitian menemukan bahwa P2TP2A Kulonprogo dalam menangangani kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak menggunakan dua pendekata yaitu (1) Pendekatan pencegahan tindak kekererasan dengan melakukan kerjasama dengan stakeholder baik instansi pemerintah maupun swasta dalam rangka melakukan sosialisasi dan kampanye terkait dengan pencegahan kekerasan terhadap perempuan dan anak, (2) Pendampingan perempuan korban kekerasan dengan melakukan konseling terhadap klien dan pendampingan hukum. Sedangkan dalam penanganan kasus terhadap perempuan korban kekerasan terutama yang mengalami kasus KDRT peran pekerja sosial menjadi sangat penting, terutama peran sebagai pendamping, peran sebagai pemberdaya, pendidik dan peran sebagai pembela. Dalam menjalankan aktivitas peran tersebut, para pekerja sosial atau pendamping yang berada di P2TP2A Kulonprogo juga mendasarkan pada pengetahuan, ketrampilan dan nilai-nilai pekerjaan sosial sebagaimana para pekerja sosial professional lainnya, dan sebagian pekerja sosial atau konselor rata-rata memiliki latar belakang pengetahuan psikologi dam hukum. Selain itu mereka juga dibekali dengan pisau analis masalah perspektif gender.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Lathiful Khuluq, MA, BSW. Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Pekerja Sosial, Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak
Subjects: Permasalahan dan Layanan kepada Anak dan Remaja
Pekerjaan Sosial
Gender
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Pekerjaan Sosial
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 24 Jan 2022 13:31
Last Modified: 24 Jan 2022 13:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48875

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum