PERAN DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP PSIKOSOSIAL ANAK JALANAN (STUDI KASUS DI KAMPUNG TUKANGAN KOTA YOGYAKARTA)

Asmawati Eka Lestari, NIM.: 18200010164 (2021) PERAN DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP PSIKOSOSIAL ANAK JALANAN (STUDI KASUS DI KAMPUNG TUKANGAN KOTA YOGYAKARTA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP PSIKOSOSIAL ANAK JALANAN (STUDI KASUS DI KAMPUNG TUKANGAN KOTA YOGYAKARTA))
18200010164_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERAN DUKUNGAN ORANG TUA TERHADAP PSIKOSOSIAL ANAK JALANAN (STUDI KASUS DI KAMPUNG TUKANGAN KOTA YOGYAKARTA))
18200010164_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam permasalahan psikososial anak jalanan di Kampung Tukangan Kota Yogyakarta, serta faktor penyebab kurangnya peran dukungan orang tua terhadap permasalahan psikososial anak jalanan. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dari orang tua anak jalanan, anak jalanan, pendamping anak jalanan dan stakeholder setempat. Pemilihan informan sebagai subjek dalam penelitian ini dilakukan secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis penelitian, peran orang tua sangat penting dalam memberikan pengaruh positif bagi anak karena ketertarikannya dengan perkembangan dan kebutuhan yang berkelanjutan. Peran yang dilakukan oleh orang tua dalam memberikan dukungan terhadap permasalahan psikososial anak jalanan dengan menerapkan prinsip menjadi contoh yang baik, mendampingi, memenuhi kebutuhan dan mendidik anak. Namun dalam penerapan peran-peran dukungan orang tua tersebut ada beberapa hal yang menjadi hambatan. Dari sisi pelaksanaan peran-peran orang tua tersebut belum mampu menyesuaikan dengan permasalahan kebutuhan dan hak-hak anak jalanan. Pribadi orang tua untuk mengarahakan perilaku dan pemikiran anak jalanan belum terbentuk dengan baik. Integritas adaptasi peran orang tua dalam memberikan dukungan dengan kepribadian diri anak harus memilki pola yang sesuai dengan nilai-nilai yang berlaku dalam kehidupan masyarakat.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Lathiful Khuluq, M.A., BSW., Ph.D
Uncontrolled Keywords: Peran Orang Tua, Anak Jalanan, Psikososial
Subjects: Permasalahan dan Layanan kepada Anak dan Remaja
Sosial, Interaksi
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Pekerjaan Sosial
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 24 Jan 2022 13:51
Last Modified: 24 Jan 2022 13:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48880

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum