PRIBUMISASI PEKERJAAN SOSIAL : MENGULIK PRAKTIK INTERVENSI PENGOBATAN MELALUI USTAD/KYAI PADA MASYARAKAT PANTI KABUPATEN JEMBER

Siti Humairoh, S.Sos, NIM.: 18200010212 (2021) PRIBUMISASI PEKERJAAN SOSIAL : MENGULIK PRAKTIK INTERVENSI PENGOBATAN MELALUI USTAD/KYAI PADA MASYARAKAT PANTI KABUPATEN JEMBER. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PRIBUMISASI PEKERJAAN SOSIAL : MENGULIK PRAKTIK INTERVENSI PENGOBATAN MELALUI USTAD/KYAI PADA MASYARAKAT PANTI KABUPATEN JEMBER)
18200010212_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PRIBUMISASI PEKERJAAN SOSIAL : MENGULIK PRAKTIK INTERVENSI PENGOBATAN MELALUI USTAD/KYAI PADA MASYARAKAT PANTI KABUPATEN JEMBER)
18200010212_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Pribumisasi Pekerjaan Sosial: Mengulik Praktik Intervensi Pengobatan melalui Ustad/Kyai pada Masyarakat Panti Kabupaten Jember. Adapun fokus penelitian ini yakni terkait latar belakang masyarakat memilih meminta tolong kepada Ustad/Kyai, dan bagaimana proses intervensi yang dilakukan oleh Ustad/Kyai ketika melakukan praktiknya. Sudah kita ketahui bahwa setiap wilayah tentunya memiliki sosok penyembuh lokal seperti Ustad/Kyai di Panti-Jember, menurut masyarakat Panti Kab. Jember sosok Ustad/Kyai memiliki posisi yang tinggi baik dalam kasta ataupun dalam struktur bermasyarakat. Karena menurut pandangan masyarakat Panti Kab. Jember seorang Ustad/Kyai memiliki kekhususan atau kemampuan yang tidak dimiliki oleh masyarakat umum. Kemampuan dan keahlian yang dimiliki oleh Ustad/Kyai sebagai seorang penyembuh lokal, dalam membantu permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat, itu berasal dari keturunan/ warisan, juga berasal dari hasil belajar kepada seseorang yang memiliki keahlian dalam hal penyembuhan, serta didapati melalui mimpi. Jenis penelitian ini termasuk penelitian deskriptif-kualitatif, untuk memperoleh data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, subyek penelitian adalah Ustad/Kyai yang melakukan praktik pertolongan dan masyarakat Desa Panti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa alasan yang melatarbelakangi masyarakat lebih percaya untuk meminta tolong kepada Ustad/Kyai; a) Keyakinan Masyarakat terhadap Kekuatan Supranatural dan Kemampuan Ustad/Kyai, b) Faktor Ekonomi, c) Kondisi pandemic, d) Penafsiran Mimpi. Dalam melakukan praktiknya Ustad/Kyai di Kab. Jember tidak melibatkan siapapun (seperti roh-roh nenek moyang, dll), akan tetapi jika kehadiran keluarga masih dibutuhkan. Dalam artian mereka murni menggunakan kekuatan do‘a, pembacaan ayat-ayat suci al- Al-qur,an serta amalan-amalan yang diyakini mengandung kekuatan Tuhan dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh pasien baik psikis maupun fisik. Adapun salah satu model pertolongan yang digunakan oleh Ustad/Kyai dalam melakukan intervensi terhadap pasiennya adalah dengan menggunakan sebuah terapi; seperti halnya terapi melalui bacaan ayat-ayat al-qur‘an maupun do‘a-do‘a, bimbingan ataupun konseling, pengobatan tradisional seperti bekam, dan lain-lain. Dalam praktiknya mulai dari membangun relasi hingga penanganan itu dilaksanakan dalam waktu yang relatif singkat yakni saat pertama kali tatap muka dan bagian tubuh yang terasa sakit ketika dipegang. Pada saat itu juga Ustad/Kyai akan menentukan penanganan yang sesuai dengan keluhan pasien.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Ro‘fah, M.A., Ph.D
Uncontrolled Keywords: Pribumisasi , Penyembuh Lokal, Pekerja Sosial.
Subjects: Pekerjaan Sosial
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Kyai - Ustadz - Guru
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Pekerjaan Sosial
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 24 Jan 2022 14:02
Last Modified: 24 Jan 2022 14:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48883

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum