IMPLEMENTASI AKAD DALAM PENGELOLAAN ZAKAT PRODUKTIF DI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

Almaida Purnama Sari, NIM.: 16380002 (2021) IMPLEMENTASI AKAD DALAM PENGELOLAAN ZAKAT PRODUKTIF DI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI AKAD DALAM PENGELOLAAN ZAKAT PRODUKTIF DI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL KABUPATEN KUANTAN SINGINGI)
16380002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI AKAD DALAM PENGELOLAAN ZAKAT PRODUKTIF DI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL KABUPATEN KUANTAN SINGINGI)
16380002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Perekonomian di indonesia yang rendah akhirnya menimbulkan kemiskinan pada masyarakat. Agama islam tidak ingin ada ketimpangan sosial, sehingga islam hadir dengan sistim zakat yang wajib dikeluarkan. Di indonelisa memiliki lembaga pengelolaan zakat yang bertujuan mengelolaa zakat,infak dan shodaqoh dari Muzakī.Lembaga pengelolaan zakat ini diharap kan menjadi perantara yang bertujuan meningkatkan keadilan, dalam upaya mensejahterakan masyarakat dan menanggulangi kemiskinan. Kajian ini berusaha menjawab pertanyaan pokok:Bagaimana Implementasi Akad dalam Pengelolaan Zakat Produktif di Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Kuantan Singingi; dan Bagaimana Praktek Akad Hibah dalam Pengelolaan Zakat Produktif di Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Kuantan Singingi.? Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskrisif analisis dengan menggunakan pendekatan normatif dan sosiologis. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa program zakat produktif dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat merupakan solusi untuk mengatasi kemiskinan.Program ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat di Kabupaten Kuantan Singingi. Praktek akad dalam pengelolaan zakat produktif di BAZNAS Kabupaten Kuantan Singingi menggunakan akad hibah, sehingga tidak ada perjanjian yang mengikat antara kedua belah pihak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Saifuddin, SHI., MSI.
Uncontrolled Keywords: zakat produktif; akad tasarruf; akad hibah; mustahiq
Subjects: Hukum Islam > Zakat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Islam (S-1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 08 Feb 2022 10:36
Last Modified: 08 Feb 2022 10:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48888

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum