PENGARUH SERIAL DRAMA KOREA TERHADAP PERILAKU MUSLIMAH (STUDI KASUS MAHASISWI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA PECINTA DRAMA KOREA)

Melly Nurbaya, NIM. 17105040022 (2021) PENGARUH SERIAL DRAMA KOREA TERHADAP PERILAKU MUSLIMAH (STUDI KASUS MAHASISWI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA PECINTA DRAMA KOREA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (PENGARUH SERIAL DRAMA KOREA TERHADAP PERILAKU MUSLIMAH (STUDI KASUS MAHASISWI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA PECINTA DRAMA KOREA))
17105040022_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (PENGARUH SERIAL DRAMA KOREA TERHADAP PERILAKU MUSLIMAH (STUDI KASUS MAHASISWI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA PECINTA DRAMA KOREA))
17105040022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Banyaknya drama Korea yang tayang dengan berbagai genre menarik, membuat masyarakat terutama mahasiswi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta menjadi penggemar serial tersebut. Drama Korea memberikan dampak dalam kehidupan mereka. Dampak tersebut dapat berpengaruh pada kegiatan nyata yang seharusnya dilakukan. Mereka yang terpapar drama Korea seringkali menunda pekerjaan yang seharusnya segera dilakukan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori tindakan sosial Max Weber. Teori ini berkaitan dengan perilaku individu dalam melakukan tindakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif dengan penelitian lapangan. Data tersebut didapat dari hasil wawancara melalui observasi, kemudian di dokumentasi dengan mengumpulkan apa yang telah didapat dilapangan. Informan yang menjadi subjek dalam penelitian ini terdapat 10 orang informan penggemar drama Korea. Informan tersebut merupakan mahasiswi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Hasil dari penelitian ini yaitu adanya pengaruh yang didapat mahasiswi dalam perilaku mereka, baik dalam hal ibadah maupun interaksi terhadap orang lain. Pengaruh tersebut dikarenakan seringnya mereka menonton drama Korea hingga lupa akan waktu. Sehingga kegiatan yang seharusnya mereka lalukan terbengkalai bahkan terlupakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Mahatva Yoga Adi Pradana, M.Sos.
Uncontrolled Keywords: Drama Korea, Tindakan Sosial, Max Weber
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 24 Jan 2022 15:00
Last Modified: 24 Jan 2022 15:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48909

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum