KONFLIK RUMAH TANGGA TKW DAN STRATEGI PERTAHANANNYA PASCA PERCERAIAN (Studi Kasus Perceraian TKW di Desa Karangsalam Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas)

Leli Nur Rahmawati, NIM .17105040028 (2021) KONFLIK RUMAH TANGGA TKW DAN STRATEGI PERTAHANANNYA PASCA PERCERAIAN (Studi Kasus Perceraian TKW di Desa Karangsalam Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONFLIK RUMAH TANGGA TKW DAN STRATEGI PERTAHANANNYA PASCA PERCERAIAN (Studi Kasus Perceraian TKW di Desa Karangsalam Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas))
17105040028_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KONFLIK RUMAH TANGGA TKW DAN STRATEGI PERTAHANANNYA PASCA PERCERAIAN (Studi Kasus Perceraian TKW di Desa Karangsalam Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas))
17105040028_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tenaga Kerja Wanita di Desa Karangsalam, Kecamatan Kemranjen, Kabupaten Banyumas, memiliki kekuasaan (power) lebih dibanding suami karena sumber penghasilan mereka lebih tinggi. Mereka memiliki keberanian untuk menggugat cerai suami yang kurang bertanggung jawab dan melakukan strategi atau tindakan pertahanan pasca perceraian. Masyarakat di desa ini memandang bahwa idealnya suami memiliki pengaruh lebih dalam keluarga dan dapat melaksanakan peran serta kewajibannya. Namun, realitanya mereka tidak melaksanakan peran yang diharapkan masyarakat, sehingga mengakibatkan konflik yang berujung pada perceraian. Penelitian ini menjawab tentang faktorfaktor pendorong perempuan di Desa Karangsalam bekerja di luar negeri, dan faktor penyebab perceraiannya, analisis konflik rumah tangga TKW, serta menjawab tentang strategi pertahanan hidup TKW pasca perceraian. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Sumber data primer merupakan hasil observasi dan wawancara yang diperoleh langsung dari informan yaitu tujuh TKW, keluarga TKW, kepala desa dan sesepuh Desa Karangsalam. Sumber data sekunder terdiri dari dokumen, buku, jurnal, foto, internet atau lainnya yang memiliki keterkaitan dengan judul yang diangkat. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dijabarkan secara deskriptif dan eksplanatif serta pengolahan data dilakukan dengan menggunakan model Miles dan Huberman. Kemudian, data penelitian yang diperoleh dianalisis menggunakan teori konflik dari Dahrendorf dan teori tindakan sosial dari Max Weber. Hasil dari penelitian menujukkan bahwa faktor pendorong narasumber bekerja di luar negeri adalah faktor ekonomi, suami menganggur atau bekerja kurang maksimal dan ingin mencari pengalaman. Adapun faktor penyebab perceraian TKW yaitu suami melakukan perselingkuhan, KDRT, tidak menafkahi dan hilang akal sehat. Konflik yang terjadi pada rumah tangga TKW di Desa Karangsalam merupakan permasalahan yang terjadi karena tidak meratanya peran-peran dalam keluarga sehingga mengakibatkan adanya cerai gugat. Kemudian, strategi pertahanan TKW pasca perceraian dapat dilihat dari pemaknaan tindakan TKW dalam hal perekonomian dan pengasuhan anak yang didasarkan pada pertimbangan tujuan dan alat yang dimiliki TKW tersebut

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Inayah Rohmaniyah, S.Ag., M.Hum
Uncontrolled Keywords: konflik, perceraian, strategi pertahanan
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 24 Jan 2022 15:05
Last Modified: 24 Jan 2022 15:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48910

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum