PENGARUH MEME ISLAMI TERHADAP SPIRITUALITAS KEAGAMAAN KALANGAN ANAK MUDA DI AKUN INSTAGRAM NU GARIS LUCU (Analisis Resepsi)

Tasmia, NIM. 17105040059 (2021) PENGARUH MEME ISLAMI TERHADAP SPIRITUALITAS KEAGAMAAN KALANGAN ANAK MUDA DI AKUN INSTAGRAM NU GARIS LUCU (Analisis Resepsi). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MEME ISLAMI TERHADAP SPIRITUALITAS KEAGAMAAN KALANGAN ANAK MUDA DI AKUN INSTAGRAM NU GARIS LUCU (Analisis Resepsi) SKRIPSI)
17105040059_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (13MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MEME ISLAMI TERHADAP SPIRITUALITAS KEAGAMAAN KALANGAN ANAK MUDA DI AKUN INSTAGRAM NU GARIS LUCU (Analisis Resepsi) SKRIPSI)
17105040059_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Pengaruh Meme Islami terhadap Spiritualitas Keagamaan Kalangan Anak Muda di Akun Instagram NU Garis Lucu (Analisis Resepsi). Media sosial sudah menjadi media yang digunakan oleh kalangan masyarakat, khususnya kalangan anak muda. Media sosial dapat berpengaruh dalam membentuk sikap dan kepribadian seseorang. Akhir-akhir ini kegiatan berdakwah kerap ditemukan pada media sosial, pemanfaatan media sosial merupakan terobosan baru bagi para pendakwah. Akun Instagram merupakan media sosial yang banyak digunakan oleh kalangan anak muda dalam melakukan interaksi sosial. Salah satu akun yang ada di Instagram yaitu NU Garis Lucu. Pesan pada meme tersebut berpotensi memiliki pengaruh terhadap spiritualitas keagamaan dalam menyampaikan dakwah dengan pembawaan bahasa yang cukup unik yaitu dengan gaya bahaya yang memikat pembaca melalui seni bahasa ‘‘lelucon’’. Berdasarkan rumusan masalah, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerimaan terhadap teks agama dan pengaruhnya terhadap spiritualitas keagamaan kalangan anak muda yang dikemas dalam konten meme Islami pada media sosial akun Instagram NU Garis Lucu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan sosiologis. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara (Online Chatting), metode observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori analisis Resepsi Stuart Hall. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: Penerimaan kalangan anak muda terhadap teks agama yang dikemas dalam konten meme islami pada media sosial akun Instagram NU garis lucu yaitu; Pertama, pengirim pesan merencanakan dan memilih ide, nilai, serta fenomena sosial antara lain; nilai kebahagiaan, perintah melaksanakan nilai toleransi antar umat beragama, dan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan. Kedua, penyampaian pesan pada meme adalah realisasi dari ide nilai kebahagiaan, nilai toleransi antar umat beragama, dan nilai kemanusiaan. Ketiga, resepsi responden melalui proses decoding terhadap meme di akun Instagram NU Garis Lucu adalah beragam sesuai dengan pola pikir dan latar belakang pendidikan serta pengalaman beragama kalangan anak muda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Hj. Adib Sofia, S.S., M. Hum.,
Uncontrolled Keywords: Meme Islami, Resepsi, Spiritualitas Keagamaan.
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 24 Jan 2022 15:10
Last Modified: 24 Jan 2022 15:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48912

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum