EFEKTIVITAS PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN NIKAH (SIMKAH) WEB PADA PELAKSANAAN PENCATATAN NIKAH DI KUA MANTRIJERON KOTA YOGYAKARTA

Gilang Difa Nur Rochim, NIM.: 17103050007 (2021) EFEKTIVITAS PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN NIKAH (SIMKAH) WEB PADA PELAKSANAAN PENCATATAN NIKAH DI KUA MANTRIJERON KOTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN NIKAH (SIMKAH) WEB PADA PELAKSANAAN PENCATATAN NIKAH DI KUA MANTRIJERON KOTA YOGYAKARTA)
17103050007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN NIKAH (SIMKAH) WEB PADA PELAKSANAAN PENCATATAN NIKAH DI KUA MANTRIJERON KOTA YOGYAKARTA)
17103050007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Pencatatan perkawinan memiliki tujuan agar memberikan kepastian hukum terhadap para pengantin. BIMAS Islam naungan Kemenag meluncurkan sebuah aplikasi untuk digunakan sebagai sarana pencatatan nikah yakni SIMKAH Web . Dalam pelaksanaannya terdapat kendala-kendala yang terjadi pada setiap daerah, kendala tersebut berupa sarana dan petugas yang masih kesulitan untuk memahami aplikasi. KUA Mantrijeron adalah salah satu KUA yang menggunakan SIMKAH Web dari awal peluncuran, yakni 2019 lalu. Dikarenakan letak KUA Mantrijeron yang berada dalam wilayah Kota Yogyakarta, sehingga sarana dan fasilitas yang dimiliki bisa dikatakan sudah lengkap dan terpenuhi. Namun kenyataannya masih terdapat beberapa kendala yang dialami oleh KUA Mantrijeron. Penelitian ini dilakukan untuk menjawab pertanyaan apa saja faktorfaktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pendaftaran pernikahan menggunakan SIMKAH Web di KUA Mantrijeron dan juga keefektifan SIMKAH Web dalam pelaksanaan pendaftaran pernikahan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori efektivitas dan penegakan hukum milik Soerjono Soekanto. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang menekankan pada data lapangan yakni KUA Mantrijeron. Sifat dari penelitian ini adalah deskriptif analitik dan menggunakan pendekatan normatif. Metode pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Hasil penelitian yakni penggunaan SIMKAH Web dalam pencatatan pernikahan di KUA Mantrijeron masih terdapat beberapa kendala yang menjadikan pelaksanaannya tidak lancar. Salah satu kendalanya adalah masyarakat tidak tersosialisasi dengan baik, sehingga masyarakat tidak memanfaatkan menu pendaftaran mandiri yang sudah disediakan selain itu Aplikasi SIMKAH Web yang kembali input manual menjadikan operator KUA kembali bekerja seperti sebbelum adanya SIMKAH Web, artinya tidak otomatis. Kemudian apabila dilihat dari indikator yang ditentukan dalam teori efektivitas, maka penerapan SIMKAH Web pada pencatatan pernikahan di KUA Mantrijeron tidak efektif karena tidak memenuhi persyaratan yang ditentukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. H. Khoiruddin Nasution, M.A.
Uncontrolled Keywords: pencatatan perkawinan; SIMKAH Web; KUA; pernikahan
Subjects: Hukum Islam > Fiqih > Pernikahan > Bimbingan Perkawinan
Hukum Islam > Fiqih > Pernikahan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Islam (S-1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 10 Feb 2022 11:11
Last Modified: 10 Feb 2022 11:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48942

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum