PEMENUHAN HAK DAN KEWAJIBAN SUAMI ISTRI PASANGAN PEMULUNG (Studi di Dukuh Wonocatur Kelurahan Banguntapan Kecamatan Banguntapan Kabupaten Bantul)

Ana Kartika Nur Safitri, NIM.: 17103050049 (2021) PEMENUHAN HAK DAN KEWAJIBAN SUAMI ISTRI PASANGAN PEMULUNG (Studi di Dukuh Wonocatur Kelurahan Banguntapan Kecamatan Banguntapan Kabupaten Bantul). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMENUHAN HAK DAN KEWAJIBAN SUAMI ISTRI PASANGAN PEMULUNG (Studi di Dukuh Wonocatur Kelurahan Banguntapan Kecamatan Banguntapan Kabupaten Bantul))
17103050049_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PEMENUHAN HAK DAN KEWAJIBAN SUAMI ISTRI PASANGAN PEMULUNG (Studi di Dukuh Wonocatur Kelurahan Banguntapan Kecamatan Banguntapan Kabupaten Bantul))
17103050049_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan perkawinan merupakan salah satu proses pembentukan suatu keluarga, bukan hanya sarana menyalurkan kebutuhan biologis saja, tetapi untuk mendapatkan keluarga yang sakinah, mawaddah, warahmah. Setiap keluarga mempunyai cara yang berbeda-beda dalam mewujudkan keluarga sakinah. Keluarga dengan tingkat ekonomi menengah ke bawah (memiliki penghasilan rendah) dianggap sulit untuk mewujudkan keluarga sakinah karena masalah ekonomi yang tidak bisa mencukupi kebutuhan keluarga sehari-hari serta pendidikan anak yang terkendala biaya. Keluarga pemulung di Dukuh Wonocatur Banguntapan Bantul merupakan keluarga dengan tingkat ekonomi menengah ke bawah, dengan tingkat ekonomi yang rendah mereka berupaya untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Dengan fenomena tersebut penyusun tertarik untuk meneliti dan mengetahui lebih lanjut mengenai bagaimana pemenuhan hak dan kewajiban suami istri pasangan pemulung di Dukuh Wonocatur dalam mewujudkan keluarga sakinah ditinjau dari hukum Islam. Pada penelitian ini, penyusun menggunakan jenis penelitian lapangan dan bersifat preskriptif. Data penelitian ini diperoleh dari metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dianalisis dengan metode induktif dan deduktif dengan menggunakan pendekatan normatif-sosiologis. Berdasarkan penelitian yang penyusun lakukan pada 7 pasangan pemulung di Dukuh Wonocatur Banguntapan Bantul dapat diambil kesimpulan ada 5 pemenuhan hak dan kewajiban suami istri yaitu: saling pengertian satu sama lain, saling mendukung, mendidik anak dengan baik, memberikan nafkah pada keluarga, menjaga kerukunan dalam masyarakat. Dalam pemenuhan hak dan kewajiban suami istri pasangan pemulung di Dukuh Wonocatur Sebagian besar sesuai dengan hukum Islam. Akan tetapi terdapat 2 suami pemulung beda agama dalam pemenuhan kewajiban menuntun keluarganya dalam hal agama tidak terlaksana dengan baik. Seorang suami berkewajiban untuk membimbing keluarga dalam aspek agama, sedangkan suami 2 keluarga pemulung di Dukuh Wonocatur bukan muslim. Sedangkan secara sosiologis upaya keluarga pemulung di Dukuh Wonocatur sudah sesuai dengan 2 teori sosiologi, yaitu teori stuktural-fungsional serta managemen konflik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Siti Djazimah, S.Ag., M.S.I.
Uncontrolled Keywords: perkawinan; keluarga sakinah; suami istri; pasangan pemulung
Subjects: Hukum Keluarga
Hukum Islam > Fiqih > Pernikahan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Islam (S-1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 10 Feb 2022 13:35
Last Modified: 10 Feb 2022 13:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48951

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum