TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP ISTRI MENGEMIS UNTUK MEMBANTU SUAMI MENAFKAHI KELUARGA (STUDI DI DESA PAGERALANG, KECAMATAN KEMRANJEN, KABUPATEN BANYUMAS)

Naufal Adi Yuanto, NIM.: 17103050067 (2021) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP ISTRI MENGEMIS UNTUK MEMBANTU SUAMI MENAFKAHI KELUARGA (STUDI DI DESA PAGERALANG, KECAMATAN KEMRANJEN, KABUPATEN BANYUMAS). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP ISTRI MENGEMIS UNTUK MEMBANTU SUAMI MENAFKAHI KELUARGA (STUDI DI DESA PAGERALANG, KECAMATAN KEMRANJEN, KABUPATEN BANYUMAS))
17103050067_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP ISTRI MENGEMIS UNTUK MEMBANTU SUAMI MENAFKAHI KELUARGA (STUDI DI DESA PAGERALANG, KECAMATAN KEMRANJEN, KABUPATEN BANYUMAS))
17103050067_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Dalam perkawinan terdapat hak dan kewajiban antara seorang suami dan istri yaitu suami mempunyai kewajiban mencari nafkah untuk keluarga sedangkan istri yang menerima nafkah serta mengurus rumah tangga. Kewajiban mencari nafkah dibebankan kepada suami karena suami sebagai tulang punggung keluarga. Pokok masalah dari penelitian ini yaitu fenomena di Desa Pageralang terdapat para istri yang mempunyai suami dan adapula yang sudah menjadi janda. Namun, para istri tersebut ikut mencari uang dengan cara mengemis atau meminta-minta supaya bisa membantu menafkahi keluarganya. Secara fisik, para istri tersebut masih sehat untuk bisa mencari pekerjaan lain yang lebih baik dari pada harus mengemis atau meminta-minta untuk bisa membantu menafkahi keluarga. Permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini adalah: Apa saja faktor-faktor yang menyebabkan istri mengemis untuk membantu suami menafkahi keluarga di Desa Pageralang, Kecamatan Kemranjen, Kabupaten Banyumas. Serta bagaimana hukum istri mengemis untuk membantu suami menafkahi keluarga di Desa Pageralang, Kecamatan Kemranjen, Kabupaten Banyumas ditinjau menurut hukum Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Skripsi ini menggunakan sifat penelitian preskriptif, dan pendekatan masalah menggunakan pendekatan normatif dan pendekatan sosiologis. Peneliti mengumpulkan data yang diperlukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian analisis pada skripsi ini menggunakan metode kualitatif. Berdasarkan penelitian yang telah peneliti lakukan di Desa Pageralang, Kecamatan Kemranjen, Kabupaten Banyumas dapat diambil kesimpulan bahwa faktor-faktor yang menyebabkan istri mengemis untuk membantu suami menafkahi keluarga, yaitu karena faktor ekonomi, faktor rendahnya pendidikan dan minimnya keterampilan, faktor keterpaksaan dan faktor kebiasaan. Bahwa istri yang mengemis untuk membantu suami menafkahi keluarga menurut pandangan hukum Islam sesuai dengan yang ada lokasi penelitian yaitu di Desa Pageralang, Kecamatan Kemranjen, Kabupaten Banyumas memiliki dua bentuk hukum, yaitu dihukumi makruh dan haram. Makruh bagi istri yang mengemis atau meminta-minta dalam keadaan terpaksa karena suami mereka tidak bekerja sehingga tidak bisa lagi memberi nafkah untuk keluarga terutama istri dan anaknya dan dihukumi haram bagi istri yang mengemis atau meminta-minta bukan dalam keadaan darurat atau terpaksa dan menjadikan kegiatan mengemis sebagai suatu kebiasaan untuk membantu suami menafkahi keluarga karena dengan meminta-minta dapat menghasilkan uang, dengan sengaja memakai baju lusuh dan membawa anaknya ketika meminta-minta untuk menarik belas kasihan dari orang lain, kecuali terhadap seseorang yang menanggung hutang orang lain, seseorang yang ditimpa musibah dan seseorang yang ditimpa kesengsaraan hidup maka boleh baginya meminta-minta. Dan secara sosiologis terhadap istri mengemis yang membantu suami menafkahi keluarga di Desa Pageralang sudah sesuai dengan teori sruktural fungsional

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Siti Djazimah, S. Ag., M. S.I.
Uncontrolled Keywords: nafkah keluarga; pengemis; istri
Subjects: Hukum Keluarga
Hukum Islam > Fiqih > Pernikahan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Islam (S-1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 10 Feb 2022 14:51
Last Modified: 10 Feb 2022 14:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48955

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum