PARTISIPASI LANSIA DALAM PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI DEMAK TAHUN 2020 PERSPEKTIF MASLAHAH MURSALAH (STUDI PELAKSANAAN PILKADA BAGI LANSIA DI DESA PASIR KECAMATAN MIJEN KABUPATEN DEMAK)

Nuri Vina Mawaddah, NIM.: 17103070041 (2021) PARTISIPASI LANSIA DALAM PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI DEMAK TAHUN 2020 PERSPEKTIF MASLAHAH MURSALAH (STUDI PELAKSANAAN PILKADA BAGI LANSIA DI DESA PASIR KECAMATAN MIJEN KABUPATEN DEMAK). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PARTISIPASI LANSIA DALAM PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI DEMAK TAHUN 2020 PERSPEKTIF MASLAHAH MURSALAH (STUDI PELAKSANAAN PILKADA BAGI LANSIA DI DESA PASIR KECAMATAN MIJEN KABUPATEN DEMAK))
17103070041_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PARTISIPASI LANSIA DALAM PEMILIHAN BUPATI DAN WAKIL BUPATI DEMAK TAHUN 2020 PERSPEKTIF MASLAHAH MURSALAH (STUDI PELAKSANAAN PILKADA BAGI LANSIA DI DESA PASIR KECAMATAN MIJEN KABUPATEN DEMAK))
17103070041_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati merupakan wujud dari demokrasi yang berada di tingkat Daerah. Bupati dan Wakil Bupati Demak dipilih secara langsung oleh segenap masyarakat Demak. Termasuk dari masyarakat adalah seseorang yang telah berusia 60 tahun atau lebih (lansia). Dalam Pasal 1 ayat (34) Undang-Undang No. 7 tahun 2017 menyebutkan bahwa masyarakat yang dapat memberikan hak suara dalam pemilihan adalah WNI yang sudah genap 17 tahun atau lebih, sudah kawin, atau sudah pernah kawin. Dengan demikian lansia berhak memberikan hak suara mereka dalam pemilihan. Pelayanan serta akses yang dibutuhkan lansia dalam keikutsertaannya memberikan hak suara harus tepat (sesuai) dengan kebutuhan mereka, bukan menyusahkan mereka atau bahkan perlibatan lansia dijadikan sebagai ladang untuk memanipulasi hasil suara. Sehingga partisipasi lansia dianggap penting dalam pemilihan umum, guna memberikan hak suara serta mendorong kesuksesan dalam pemilihan calon pemimpin sesuai kehendak mereka. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) di desa Pasir kecamatan Mijen kabupaten Demak, dengan cara wawancara dan observasi, serta studi pustaka terhadap buku-buku maupun karya ilmiah dan dokumen lainnya yang mendukung penelitian ini. Pendekatan yuridis-empiris, yaitu pendekatan yang dilakukan untuk melihat atau menganalisis sejauh mana peraturan pemilu berlaku di masyarakat. Sifat penelitian ini adalah deskriptif-analisis, yaitu suatu penelitian yang cara pengumpulan data-data sesuai dengan keadaan di desa Pasir kecamatan Mijen kabupaten Demak kemudian data-data tersebut disusun, diolah, dan dianalisis untuk memberikan gambaran terkait partisipasi lansia dalam pemilihan bupati dan wakil bupati Demak tahun 2020 ditinjau dari perspektif maṣlaḥah mursalah. Hasil penelitian menggambarkan bahwa sikap dan partisipasi politik lansia termasuk dalam partisipasi aktif. Hal ini dibuktikan dengan jumlah lansia yang mengikuti pemilihan adalah 57,3% dari jumlah lansia atau sama dengan 494 dari 863 lansia desa Pasir. Dan hasil dari partisipasi merupakan suatu kemaslahatan yang menyangkut kepentingan orang banyak hal itu karena adanya pengaruh suara yang diberikan lansia terhadap hasil akhir yang didapatkan, hasil akhir menentukan siapa yang akan menjadi pemimpin masyarakat Demak 5 tahun mendatang. Apabila pemimpin yang terpilih adalah seorang pemimpin yang tepat dan bertanggungjawab, maka partisipasi tersebut dapat memberikan kemaslahatan bagi masyarakat Demak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. M. Rizal Qosim, M. Si.
Uncontrolled Keywords: partisipasi politik; lansia; Maṣlaḥah Mursalah
Subjects: Hukum Tata Negara
Politik
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (S-1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 14 Feb 2022 10:15
Last Modified: 07 Apr 2022 09:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48968

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum