PERLINDUNGAN DAN PENGEMBANGAN KLASTER KOPI MENURUT PERDA NO. 2 TAHUN 2018 DI SUMBER WRINGIN BONDOWOSO PRESPEKTIF MASLAHAH MURSALAH

Imron Arifin, NIM.: 17103070073 (2021) PERLINDUNGAN DAN PENGEMBANGAN KLASTER KOPI MENURUT PERDA NO. 2 TAHUN 2018 DI SUMBER WRINGIN BONDOWOSO PRESPEKTIF MASLAHAH MURSALAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERLINDUNGAN DAN PENGEMBANGAN KLASTER KOPI MENURUT PERDA NO. 2 TAHUN 2018 DI SUMBER WRINGIN BONDOWOSO PRESPEKTIF MASLAHAH MURSALAH)
17103070073_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERLINDUNGAN DAN PENGEMBANGAN KLASTER KOPI MENURUT PERDA NO. 2 TAHUN 2018 DI SUMBER WRINGIN BONDOWOSO PRESPEKTIF MASLAHAH MURSALAH)
17103070073_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Perlindungan dan Pengembangan Klaster Kopi bertujuan untuk melastarikan kawasan dan produk Kopi sebagai salah satu kekayaan Lingkungan Geografis, serta melindungi dan meningkatkan kesejahtraan pelaku usaha Pekebun/Penggarap dan pelaku usaha kopi dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Menurut Perda Bondowoso No. 2 Tahun 2018 Tentang Perlindungan dan Pengembangan Klaster Kopi, Klaster Kopi Bondowoso adalah kesatuan wilayah, keberadaan petani kopi, dan peningkatan kualitas budidaya kopi yang berada di Daerah yang meliputi dataran tinggi Ijen dan dataran tinggi Raung, dan wilayah lainnya yang merupakan daerah sentra produksi kopi jenis Arabika dan Robusta. Dalam penelitian ini penulis mengkaji bagaimana perlindungan dan pengembangan klaster kopi menurut Perda No. 2 tahun 2018 di Perhutani Sumber Wringin, Bondowoso yang ditinjau dari prespektif Maslahah Mursalah. Hal ini dikarenakan perlindungan dan pengembangan klaster kopi yang ada di Nusantara merupakan salah satu tanggung jawab perhutani dalam menyelenggarakan perlindungan dan pengembangangan klaster kopi sesuai dengan peraturan yang tertulis / ada. Jenis penelitian ini adalah lapangan (field research) yang mendapatkan perolehan datanya dari lapangan melalui teknik pengumpulan data secara observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun metode yang di gunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian yang dilakukan bahwa pelaksanaan Perda No. 2 Tahun 2018 tentang Perlindungan dan Pengembangan Klaster Kopi di Perhutani Sumber Wringin Bondowoso sudah sesuai berdasarkan prioritasnya, dan sudah masuk dalam konsep Maslahah Mursalah yang bersifat Maslahah Tahsiniyah / Kepentingan Pelengkap dan bermaslahat bagi masyarakat Sumber Wringin Bondowoso.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Siti Jahroh, S.H.I., M.Si.
Uncontrolled Keywords: budi daya kopi; perhutani; Maslahah Mursalah; klaster kopi; tenaga kerja
Subjects: Hukum Tata Negara
Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (S-1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 14 Feb 2022 14:36
Last Modified: 14 Feb 2022 14:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48974

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum