PELAKSANAAN PERLINDUNGAN DATA PRIBADI KORBAN KEJAHATAN DIGITAL DALAM PERDAGANGAN ELEKTRONIK (STUDI PADA MARKETPLACE SHOPEE)

Dinda Saidarani, NIM.: 17103080090 (2021) PELAKSANAAN PERLINDUNGAN DATA PRIBADI KORBAN KEJAHATAN DIGITAL DALAM PERDAGANGAN ELEKTRONIK (STUDI PADA MARKETPLACE SHOPEE). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN PERLINDUNGAN DATA PRIBADI KORBAN KEJAHATAN DIGITAL DALAM PERDAGANGAN ELEKTRONIK (STUDI PADA MARKETPLACE SHOPEE))
17103080090_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN PERLINDUNGAN DATA PRIBADI KORBAN KEJAHATAN DIGITAL DALAM PERDAGANGAN ELEKTRONIK (STUDI PADA MARKETPLACE SHOPEE))
17103080090_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Perdagangan elektronik merupakan tren jual beli yang banyak dilakukan saat ini. Salah satu perdagangan elektronik adalah marketplace. Marketplace adalah sebuah sistem pasar berbasis digital dimana antara penjual dengan konsumen tidak bertemu secara langsung. Salah satu marketplace yang saat ini banyak di minati masyarakat adalah marketplace shopee. Shopee, sebagai penyedia jasa elektronik yang dinobatkan sebagai marketplace tervaorit karena shopee banyak memberikan kemudahan dalam aktivitas perdagangan elektronik dengan fitur dan layanan yang disediakan. Akan tetapi, dibalik kemudahan dan dampak positif yang diberikan pada penyedia jasa perdagangan elektronik saat ini banyak sekali permasalahan yang ditimbulkan. Salah satunya adalah permasalahan pencurian dan penyalahgunaan data pribadi. Dalam hal ini, beberapa kasus pencurian dan penyalahgunan informasi data pribadi sering ditemui pada marketplace shopee yang mana pengguna aplikasi ini banyak yang mengalami kerugian akibat data pribadinya dicuri dan disalahgunakan. Melihat hal tersebut sangat diperlukan perlindungan hukum menyangkut hak privasi dan hak-hak konsumen didalam perdagangan elektronik. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis penelitian berupa field research yang mana dalam menganalisa perlindungan data pribadi pada perdagangan elektronik marketplace shopee berdasarkan pendekatan Hukum positif dan Hukum Islam. Penelitian ini bersifat deskriptif analisis, yaitu menjelaskan data-data yang diperoleh dari pengamatan di marketplace shopee mengenai perlindungan data pribadi serta hasil wawancara pengguna aplikasi marketplace shopee yang pernah dirugikan juga melihat bagaimana pengetahuan mereka dalam perlindungan informasi data pribadi itu sendiri. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa gambaran perlindungan data pribadi pada perdagangan elektronik yaitu marketplace shopee dengan adanya pencurian dan penyalahgunaan informasi data pribadi. Berdasarkan tinjauan Hukum positif marketplace shopee telah memberikan informasi yang lengkap tentang ketentuan syarat dan layanan juga keamanan pada privasi pengguna aplikasi sesuai dengan UU ITE dan UUPK. Adapun permasalahan yang ditimbulkan yaitu adanya pencurian dan penyalahgunaan data pribadi pada perdagangan elektronik disebabkan karena tiga hal yaitu, pertama dikarenakan adanya dorongan untuk berbuat jahat dan mendapatkan keuntungan yang tidak halal oleh pelaku kejahatan, kedua dikarenakan kelalaian masyarakat itu sendiri dan yang ketiga dikarenakan sistem aplikasi yang lemah. Ditinjau dari sadd dzari’ah terhadap kejahatan digital yang diakibatkan oleh kelalaian masyarakat masi menimbulkan mafsadah. Maka, berhati-hati dalam dunia digital dan memperhatikan setiap syarat dan layanan juga kebijakan pribasi yang dibuat oleh perusahaan digital adalah suatu bentuk kehati-hatian yaitu mencegah sesuatu perbuatan agar tidak sampai menimbulakn al-mafsadah, jika ia akan menimbulakan mafsadah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Hamim Ilyas, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: perdagangan elektronik; Saad Adz-Zari'ah; pelaku usaha; data protection
Subjects: Tindakan Kriminal, Kejahatan
Ekonomi Syariah
Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syari'ah (S-1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 15 Feb 2022 10:45
Last Modified: 15 Feb 2022 10:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48984

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum