KEBIJAKAN PENGAWASAN ORANG ASING DALAM UPAYA PEMERINTAH MENEKAN ANGKA PENYEBARAN VIRUS COVID-19 PADA MASA PANDEMI PERSPEKTIF MASLAHAH (STUDI LAPANGAN DI KANTOR IMIGRASI KELAS I TPI TANJUNGPINANG)

Nydia Alzena Aristawanty, NIM.: 18103070095 (2021) KEBIJAKAN PENGAWASAN ORANG ASING DALAM UPAYA PEMERINTAH MENEKAN ANGKA PENYEBARAN VIRUS COVID-19 PADA MASA PANDEMI PERSPEKTIF MASLAHAH (STUDI LAPANGAN DI KANTOR IMIGRASI KELAS I TPI TANJUNGPINANG). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KEBIJAKAN PENGAWASAN ORANG ASING DALAM UPAYA PEMERINTAH MENEKAN ANGKA PENYEBARAN VIRUS COVID-19 PADA MASA PANDEMI PERSPEKTIF MASLAHAH (STUDI LAPANGAN DI KANTOR IMIGRASI KELAS I TPI TANJUNGPINANG))
18103070095_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (KEBIJAKAN PENGAWASAN ORANG ASING DALAM UPAYA PEMERINTAH MENEKAN ANGKA PENYEBARAN VIRUS COVID-19 PADA MASA PANDEMI PERSPEKTIF MASLAHAH (STUDI LAPANGAN DI KANTOR IMIGRASI KELAS I TPI TANJUNGPINANG))
18103070095_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pada awal tahun 2019 dunia dikejutkan dengan wabah penyakit baru yang berasal dari virus, yaitu Novel Corona Virus atau sebutan lain ialah Corona Virus Diseases (Covid-19) yang menginfeksi hampir diseluruh negara di dunia. Hadirnya pandemi ini menggerakkan Indonesia untuk turut andil dalam menekan angka penyebaran Covid-19 di Indonesia dan khususnya di Tanjungpinang. Upaya awal Indonesia dalam penekanan penyebaran Covid-19 ini adalah dengan menutup akses jalur keluar masuk internasional dari setiap negara yaitu melalui imigrasi. Pansdemi Covid-19 yang telah berlangsung sangat lama sehingga pemerintah menetapkan kebijakan lain untuk internal negara Indonesia yaitu Social Distancing. Penerapan Social Distancing yang cukup lama mengakibatkan penurunan mobilitas perindustrian dari segala aspek, sehingga akhrinya pemerintah Indonesia menetapkan untuk menerapkan New Normal (kenormalan baru). Dengan adanya penerapan New Normal ini Indonesia memulai pola kebiasaan hidup yang baru dari segala sektor ketatanegaraan, khususnya pada jalur mobilisasi internasioanal dalam keluar masuknya orang asing ke Indonesia, sehingga perlu diadakannya pelaksanaan pengawasan pada orang asing yang masuk dan keluar, khususnya di wilayah kerja Kantor Imigrasi Kelas I TPI Tanjungpinang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengumpulkan data dari hasil survei lapangan. Sifat penelitian ini adalah deskriptif analisis. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan yuridis-empiris. pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi secara langsung dan wawancara kepada pihak yang bersangkutan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran mengenai kebijakan pengawasan Kantor Imigrasi Tanjungpinang terhadap orang asing di masa pandemi Covid-19 dalam sudut pandang Maslahah. Hasil penelitian menunjukan bahwa kebijakan pengawasan orang asing dalam upaya pemerinta menekan angka penyebaran virus Covid-19 di masa pandemi oleh Kantor Imigrasi Kelas I TPI Tanjungpinang sudah sesusai dengan kaidah dan tujuan kemaslahatan dalam perspektif maslahah, karena dapat sangat menekan angka penuralan Covid-19 di Tanjungpinang dan dapat mengurangi kasus pelanggaran yang dilakukan Orang Asing yang dapat merugikan Negara khususnya Kota Tanjungpinang di masa pandemi dan kebijakan pengawasannya sudah sesuai dengan peraturan-perattunan penyebaran dan menanganan Covid-19 yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Gugun El Guyanie, SHI., LL.M.
Uncontrolled Keywords: pengawasan; kantor imigrasi; maslahah
Subjects: Covid-19
Hukum Tata Negara
Hukum Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara (S-1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 15 Feb 2022 10:49
Last Modified: 15 Feb 2022 10:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48986

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum