ISTRI SEBAGAI TULANG PUNGGUNG KELUARGA PADA MASA COVID-19 (STUDI FENOMENOLOGI TERHADAP PENGRAJIN KAPUK DI DESA IMOGIRI, BANTUL, YOGYAKARTA)

Haidir Ali, NIM.: 19203010007 (2021) ISTRI SEBAGAI TULANG PUNGGUNG KELUARGA PADA MASA COVID-19 (STUDI FENOMENOLOGI TERHADAP PENGRAJIN KAPUK DI DESA IMOGIRI, BANTUL, YOGYAKARTA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ISTRI SEBAGAI TULANG PUNGGUNG KELUARGA PADA MASA COVID-19 (STUDI FENOMENOLOGI TERHADAP PENGRAJIN KAPUK DI DESA IMOGIRI, BANTUL, YOGYAKARTA))
19203010007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ISTRI SEBAGAI TULANG PUNGGUNG KELUARGA PADA MASA COVID-19 (STUDI FENOMENOLOGI TERHADAP PENGRAJIN KAPUK DI DESA IMOGIRI, BANTUL, YOGYAKARTA))
19203010007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Perempuan (Istri) bekerja merupakan sebagai instrumen pembagian tanggung jawab yang telah ditetapkan secara sosial dan kultural di tengah-tengah masyarakat. Dalam tradisi Barat, misalnya, seorang laki-laki maupun perempuan mempunyai hak yang sama dalam hal menentukan profesi atau memilih karir sesuai dengan kemampuan dan skiil yang dimilikinya. Adanya kesetaraan hak antara suami dan istri dalam membangun rumah tangga. Memang, seorang suami pada dasarnya berperan sebagai penanggung jawab dalam memenuhi kebutuhan-kebutuhan keluarga. Namun demikian, tidak menutup kemungkinan bagi seorang istri untuk mencari penghasilan baik dalam rangka menunjang penghasilan suami yang rendah, atau sebagai alternatif terakhir dalam situasi di mana suami tidak memungkinkan lagi untuk bekerja. Penelitian ini secara spesifik fokus pada para perempuan pengrajin kapuk di Desa Imogiri Kecamatan Imogiri Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif-deskriptif dengan metode penelitian lapangan (field research). Penelitian kualitatif dimaksudkan untuk memahami fenomena yang dialami oleh objek penelitian. Adapun objek penelitian ini adalah para istri yang berperan sebagai tulang punggung keluarga di Desa Imogiri. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh rendahnya penghasilan suami, tingginya kebutuhan hidup sehari-hari dan adanya dorongan dari diri sendiri untuk memperoleh kehidupan yang lebih mapan serta adanya keinginan para istri untuk bekerja secara mandiri. Adapun bidang yang dipilih oleh para istri dalam hal ini adalah bidang informal yaitu sebagai pengrajin kapuk. Penelitian ini menyimpulkan bahwa para istri sangat berperan bagi keluarganya dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Faktor-faktor yang menyebabkan para istri berperan sebagai tulang punggung keluarga adalah rendahnya pendapatan suami dan semakin meningkatnya kebutuhan hidup, besarnya tanggungan anak dan biaya pendidikannya, adanya dorongan dalam diri untuk memperoleh kehidupan yang lebih baik, dan adanya keinginan para istri untuk mengekspresikan diri melalui bekerja. Para istri memilih profesi sebagai pedagang kapuk dikarenakan bidang tersebut sudah menjadi sumber ekonomi utama masyarakat terutama bagi para perempuan setempat. Selain itu alasannya adalah kerena para istri tersebut sulit mencari pekerjaan yang lain dan kurangnya kreativitas istri disebabkan minimya pendidikan yang mereka tempuh sehingga berdampak kurangnya ketrampilan, dan tidak adanya mudal untuk membuka pekerjaan atau usaha yang lain. Para istri selain menjalankan fungsinya sebagai tulang punggung keluarga, juga berperan sebagai ibu rumah tangga. Peran ganda ini berdampak pada kurang maksimalnya istri dalam menjalankan kedua fungsi tersebut. Begitu juga dalam menjalankan perannya dalam mencari nafkah, kurang maksimalnya dalam menggunakan waktu kerja dan tentu hasilnya dalam bekerja kurang maksimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Fathorrohman, M.Ag, M.Si.
Uncontrolled Keywords: perempuan; keluarga; fenomenologi; Covid-19; suami-istri
Subjects: Hukum Keluarga
Covid-19
Hukum Keluarga > Keluarga Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Magister Ilmu Syari'ah (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 16 Feb 2022 09:23
Last Modified: 16 Feb 2022 09:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/48999

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum