PERAN KEPALA DESA PANGARENGAN KECAMATAN PANGARENGAN DALAM PEMILIHAN KEPALA DAERAH KABUPATEN SAMPANG TAHUN 2018 DALAM PERSPEKTIF FIQH SIYASAH

Imam Bustomi, SH, NIM.: 19203010090 (2021) PERAN KEPALA DESA PANGARENGAN KECAMATAN PANGARENGAN DALAM PEMILIHAN KEPALA DAERAH KABUPATEN SAMPANG TAHUN 2018 DALAM PERSPEKTIF FIQH SIYASAH. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN KEPALA DESA PANGARENGAN KECAMATAN PANGARENGAN DALAM PEMILIHAN KEPALA DAERAH KABUPATEN SAMPANG TAHUN 2018 DALAM PERSPEKTIF FIQH SIYASAH)
19203010090_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERAN KEPALA DESA PANGARENGAN KECAMATAN PANGARENGAN DALAM PEMILIHAN KEPALA DAERAH KABUPATEN SAMPANG TAHUN 2018 DALAM PERSPEKTIF FIQH SIYASAH)
19203010090_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kabupaten Sampang merupakan salah satu wilayah yang menjadi langganan sengketa pemilu. Kasus terakhir adalah sengketa pemilihan kepada daerah tahun 2018. Problem ini selalu berkaitan dengan penggelembungan suara yang melibatkan para elite desa, termasuk di antaranya kepala desa. Meskipun demikian, tidak keseluruhan kepala desa terlibat dalam kecurangan ini. Salah satu kepala desa yang masuk dalam kategori ini adalah kepala desa Pangarengan. Dalam proses pemilihan kepala daerah Kabupaten Sampang 2018, desa Pengarengan merupakan salah satu dari sedikit desa yang tidak diajukan pemilihan ulang. Hal ini bukan karena kepala desanya tidak terlibat dalam proses pemilihan, akan tetapi kesadaran kepala desa untuk lebih menciptakan suasana nyaman dan tenteram lebih ditonjolkan. Fenomena ini sekaligus menjadi kritik bagi banyak peneliti untuk tidak selalu mengeneralisir peristiwa yang terjadi kepada seluruh elite politik desa. Meskipun kepala desa Pengarengan melaksanakan tugasnya secara baik dalam proses keikutsertaannya dalam pemilihan kepala daerah, akan tetapi model keikutsertaannya tidak dapat begitu saja diterima sebagai perbuatan yang sesuai dengan kaidah dan konsep-konsep kepemimpinan yang ada. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan paradigma integratif. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan kepala desa Pangarengan dalam pemilihan kepala daerah bersifat aktif-evaluatif. Ia secara aktif ikut dalam menyukseskan ketercapaian pemilihan yang sesuai dengan prinsip-prinsip pemilihan umum tanpa menonjolkan keberpihakan. Disamping itu, ia secara rutin melakukan kontrol dan bertindak sebagai fasilitator terhadap segala hal yang berpotensi pada perpecahan di masyarakat. Dampak dari tindakan tersebut terlihat secara nyata dengan kecurangan yang minimal. Dampak lain dari tindakan tersebut adalah kepuasan masyarakat terhadap kinerjanya dalam keikutsertaannya dalam pemilihan umum. Hal demikian, menjadi dasar bagi kepala desa Pangarengan untuk membenarkan tindakannya yang tidak berpihak kepada calon manapun. Keikutsertaan kepala desa Pangarengan jika ditinjau dari sistem kepemimpinan Islam (imamah) merupakan bagian dari upaya memilih pemimpin dengan cara bay’at ahl al-hal wa al-‘aqd ditinjau dari proses pemilihannya. Hal yang kemudian menjadi kritik terhadap tindakan keikutsertaannya dalam aspek fungsinya sebagai pemimpin yang seharusnya dapat secara maksimal memberikan pemahaman atas latar belakang calon, sehingga ia dapat berperan secara aktif-parsipatoris dalam menentukan pemimpin yang sesuai dengan kriteria yang dianjurkan dalam Islam. Jika hal tersebut terjadi, maka posisinya dalam proses pemilihan dapat dianggap sebagai rausyan al-fikr yang dapat mengontrol dampak buruk atas pilihannya pada masa selanjutnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Abu Bakar Abak, MM.
Uncontrolled Keywords: kepala desa; siyasah dusturiyah; fikih siyasah; imamah; politik
Subjects: Hukum Islam > Fiqih
Politik
Politik dan Agama
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Magister Ilmu Syari'ah (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 16 Feb 2022 10:04
Last Modified: 16 Feb 2022 10:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49005

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum