PENAFSIRAN AYAT-AYAT DISABILITAS DALAM AL-QUR'AN MENURUT MUHAMMAD QURAISH SHIHAB (STUDI TAFSIR AL-MISBAH)

Ni'matul Azizah Awaliyah, NIM.: 15530006 (2019) PENAFSIRAN AYAT-AYAT DISABILITAS DALAM AL-QUR'AN MENURUT MUHAMMAD QURAISH SHIHAB (STUDI TAFSIR AL-MISBAH). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENAFSIRAN AYAT-AYAT DISABILITAS DALAM AL-QUR'AN MENURUT MUHAMMAD QURAISH SHIHAB (STUDI TAFSIR AL-MISBAH))
15530006_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA1.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENAFSIRAN AYAT-AYAT DISABILITAS DALAM AL-QUR'AN MENURUT MUHAMMAD QURAISH SHIHAB (STUDI TAFSIR AL-MISBAH))
15530006_BAB-II_SAMPAI_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Perlakuan diskriminasi terhadap disabilitas masih saja banyak ditemukan. Masyarakat memandang disabilitas dengan ketidakmampuan yang mendiskreditkan disabilitas, serta pandangan terhadap disabilitas akan penyakit yang sulit disembuhkan. Pendekatan masyarakat yang masih berpusat pada mengasihani juga masih banyak ditemukan daripada pendekatan berbasis hak. Paradigma lama kiranya perlu diubah dengan merujuk pada al-Qur’an serta melihat penafsiran mufasir sebagai sumber yang menjunjung tingi kesetaraan manusia. Salah satunya adalah dengan melihat Tafsir kontemporer. Seperti, Tafsir al-Misbah karya Muhammad Quraish Shihab. Skripsi ini berjudul “Penafsiran Ayat-ayat tentang Disabilitas Menurut Muhammad Quraish Shihab (Studi atas Tafsir al-Misbah)”, dengan mengkaji persoalan disabilitas yang memfokuskan pembahasan terhadap pemikiran Muhammad Quraish Shihab terkait penafsirannya. Secara langsung, dalam al-Qur’an tidak memuat istilah disabilitas. Namun, dijumpai terma: a’ma/’umyun atau akmaha (buta), assam/Summun (tuli), bukmun (bisu), a’raj (pincang) dan sufaha (lemah akal). Dalam Tafsir al-Misbah. Istilah tersebut secara spesifik memuat makna haqiqi dan majazi, makna majazi lebih banyak ditemukan daripada makna haqiqi. Kendati demikian, penulis mencoba mengambil pesan-pesan yang terkandung di dalamnya. Teknis penulisan ini, tergolong dalam sifat analitik. Mengkaji karya Muhammad Quraish Shihab menggunakan Tafsir al-Misbah. Kemudian, menganalisa penafsirannya yang terkait dengan disabilitas. Selain itu, juga dilakukan penelusuran buku-buku maupun kaya tulis yang mendukung penelitian ini. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa, berdasarkan ayat-ayat disabilitas, dengan terma-terma tersebut, Khususnya yang bermakna haqiqi, al-Qur’an sangat memandang setara terhadap kaum disabilitas. Selain itu, bagaimana Muhammad Quraish Shihab memperkuat akan pandangan tersebut. Hal ini terbukti bahwa, Ia tidak menempatkan disabilitas pada kelas dua. Dilihat dari penafsirannya, sudah menjawab keresahan tentang anggapan masyarakat dan medis. Mereka bukanlah orang sulit disembuhkan serta tidak dapat melakukan aktivitas seperti orang lain pada umumnya. Mereka mendapat kesempatan untuk memenuhi apa yang menjadi kebutuhan dan kewajibannya. Baik itu pendidikan, pekerjaan, muamalah, munakahah dll. Selain itu, penafsirannya yang menyebutkan istilah-istilah tertentu terkait disabilitas oleh Muhammad Quraish Shihab, seperti pemilihan kata tunanetra daripada buta, lemah akaldaripada cacat akal. Metode penafsirannya, yang juga menyebutkan asbabu an-nuzul, semakin memperkuat kesamaan kaum disabilitas dengan orang normal dalam Islam, terutama terkait turunnnya ayat. Jadi, Muhammad Quraish Shihab sudah cukup ramah terhadap disabilitas. Selain itu, kitab Tafsir al-Misbah dapat dijadikan khasanah khususnya umat Islam, untuk tidak menempatkan disabilitas pada kelas dua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Muhammad Hidayat Noor, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: disabilitas; Muhammad Quraish Shihab; Tasir al-Misbah; aksesibilitas
Subjects: Tafsir Al-Qur'an
al Qur'an > Kumpulan Ayat
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 17 Feb 2022 11:01
Last Modified: 17 Feb 2022 11:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49041

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum