PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA-GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMK S 6 PERTIWI CURUP

Ulfa Kesuma, - and Usman, - (2020) PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA-GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMK S 6 PERTIWI CURUP. Project Report. Program Magister Pendidikan Agama Islam UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA-GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMK S 6 PERTIWI CURUP)
PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA-GURU DAN MOTIVAS.pdf - Published Version

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Sertifikat HAKI)
SERTIFIKAT HAKI.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Surat Pernyataan)
surat-surat-pernyataan1643814806.pdf - Published Version

Download (16kB) | Preview

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah permasalahan yang berkaitan dengan prestasi belajar siswa SMK S 6 Pertiwi Curup yang berada dibawah rata-rata kriteria kelulusan. Salah satu upaya dalam mengatasi permasalahan tersebut, SMK S 6 Pertiwi Curup menekankan adanya komunikasi interpersonal antara guru dan orang tua agar dapat berbagi informasi mengenai perkembangan peserta didik. Komunikasi interpersonal adalah proses pertukaran informasi antara dua orang atau lebih dari suatu kelompok kecil dengan berbagai efek dan umpan balik (feedback). Feedback yang diharapkan adalah pesan dapat diterima dengan baik, direspon dan ditindaklanjuti. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jumlah populasi sebanyak 300 siswa dan sampel sebanyak 75 responden dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling serta rumus slovin dalam menentukan jumlah sampel. Hasil kajian ini menunjukkan bahwa: 1) Analisis kategorisasi komunikasi interpersonal orang tua-guru, motivasi belajar dan prestasi belajar peserta didik masuk kedalam kategori yang tinggi, 2) Komunikasi interpersonal orang tua-guru dan motivasi belajar memiliki pengaruh yang positif terhadap hasil belajar, 3) Program Parenting School, Weekly Weekly Programe for parent’s dan Communication book, merupakan implikasi dari penelitian ini, kegiatan-kegiatan tersebut dapat dilaksanakan dengan mengkolaborasikan peran guru dan orang tua dalam mengembangkan minat dan bakat peserta didik sehingga mendorong peserta didik untuk menghasilkan prestasi yang baik.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Interpersonal Orang Tua dan Guru, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar
Subjects: Komunikasi
Psikologi > Motivasi
Divisions: Penelitian
Depositing User: Dra. Khusnul Khotimah, SS, M.IP -
Date Deposited: 02 Feb 2022 22:23
Last Modified: 02 Feb 2022 22:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49082

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum