ANALISIS KAIDAH TAKHSIS TERHADAP PENAFSIRAN AYAT-AYAT PERNIKAHAN BEDA AGAMA DALAM TAFSIR AL-MISHBAH DAN AL-AZHAR

Mutaqin Alzamzami, NIM. 15531014 (2019) ANALISIS KAIDAH TAKHSIS TERHADAP PENAFSIRAN AYAT-AYAT PERNIKAHAN BEDA AGAMA DALAM TAFSIR AL-MISHBAH DAN AL-AZHAR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KAIDAH TAKHSIS TERHADAP PENAFSIRAN AYAT-AYAT PERNIKAHAN BEDA AGAMA DALAM TAFSIR AL-MISHBAH DAN AL-AZHAR)
15531014_BAB-I_V_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KAIDAH TAKHSIS TERHADAP PENAFSIRAN AYAT-AYAT PERNIKAHAN BEDA AGAMA DALAM TAFSIR AL-MISHBAH DAN AL-AZHAR)
1553114_BAB-II_III_IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Dalam konteks Indonesia, banyak yang tak merekomendasikan nikah beda agama, bukan karena status hukum fikihnya masih diperselisihkan para ulama, melainkan karena nikah beda agama mengandung potensi konflik dan ketegangan yang tak perlu dalam rumah tangga. Menurut M. Quraish Shihab, hampir semua orang yang menikah beda agama dan budaya (agama apa pun yang dianutnya) pada saat anak-anaknya lahir dan dewasa mengalami kebingungan yang luar biasa, sampai bisa mengalami semacam spilit personality. Sementara Buya Hamka mengatakan dalam tafsirnya, jika perkawinan itu benar terjadi maka akan terjadi hubungan yang kacau dalam rumah tangga, apalagi telah memiliki keturunan. Meskipun demikian, terdapat dua ayat yang secara eksplisit menyinggung akan larangan dan kebobolehan pernikahan antara muslim dan non-muslim, sebagaimana yang dinyatakan dalam Q.Ṣ. al-Baqarah [2]: 221 dan al-Ma>‟idah [5]: 5. Dalam penelitian ini, penulis mengambil penafsiran dari mufassir indonesia yaitu M. Quraish Shihab dan Buya Hamka. Dalam menafsirkan Q.Ṣ. al-Baqarah [2]: 221 dan al-Ma>‟idah [5]: 5, keduanya sama-sama tidak langsung mengatakan bahwa hal tersebut dilarang atau diperbolehkan. Melainkan dengan memberikan catatan khusus bagi seorang muslim yang dibolehkan dan yang diharamkan melangsungkan pernikahan dengan wanita Ahl al-Kitāb. Jenis peneltitian dalam penyusunan skripsi ini adalah jenis penelitian pustaka (library research). Penelitian ini menggunakan pendekatan Uṣūl al-Fiqh, yaitu kaidah takhṣīṣ. kaidah takhṣīṣ sendiri ialah mengeluarkan sebagian apa yang dicakup lafẓ ʻāmm. Dari hasil kajian ini, kaidah takhṣīṣ yang dapat diterapkan berupa al-Qur‟an dengan al-Qur‟an dan al-Qur‟an dengan hadis. Kajian ini juga mempertimbangkan konsep maṣlaḥah. Dengan rincian sebagaimana berikut, Q.Ṣ. al-Mā‟idah [5]: 5 men-takhṣīṣ Q.Ṣ. al-Baqarah [2]: 221, mukhaṣṣiṣ muttaṣil dalam Q.Ṣ. al-Mā‟idah [5]: 5, hadis men-takhṣīṣ Q.Ṣ. al-Mā‟idah [5]: 5, dan teori maṣlaḥah sebagai iʻtibar atas boleh tidaknya pernikahan beda agama. Hasil kajian ini menemukan, bahwa kaidah takhṣīṣ dalam penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: Pertama: Q.Ṣ. al-Mā‟idah [5]: 5 men-takhṣīṣ Q.Ṣ. al-Baqarah [2]: 221, pada bagian ini larangan pernikahan dengan musysrik (non-muslim) tidak untuk Ahl al-Kitāb. Kedua: Mukhaṣṣiṣ muttaṣil dalam Q.Ṣ. al-Mā‟idah [5]: 5, dalam ayat tersebut terdapat kata min qablikum, apabila mengambil pendapat, bahwa Ahl al-Kitāb hanya dituju kepada keturunan Isra‟il, maka pernikahan dengan Ahl al-Kitāb di masa sekarang sudah diharamkan. Ketiga: Hadis men-takhṣīṣ Q.Ṣ. al-Mā‟idah [5]: 5, dalam bagian ini, kebolehan pernikahan dengan Ahl al-Kitāb juga terlarang. Keempat: Teori maṣlaḥah sebagai iʻtibar atas boleh tidaknya pernikahan beda agama, setelah dipertimbangkan, pernikahan dengan Ahl al-Kitāb dilarang karena dapat menimbulkan muḍarah terhadap al-maqāṣid al-syarʻīyyah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Muhammad Hidayat Noor, S.Ag., M.Ag.,
Uncontrolled Keywords: Kaidah Takhṣīṣ, Ayat-ayat Penikahan Beda Agama, Penafsiran.
Subjects: Tafsir Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 03 Feb 2022 09:04
Last Modified: 03 Feb 2022 09:04
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49085

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum