PESAN-PESAN MORAL DALAM TAFSIR JUZ ‘AMMA (Kajian atas Buku Secangkir Tafsir Juz Terakhir Karya Salman Harun)

Muhammad Rivaldi, NIM.15531009 (2019) PESAN-PESAN MORAL DALAM TAFSIR JUZ ‘AMMA (Kajian atas Buku Secangkir Tafsir Juz Terakhir Karya Salman Harun). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PESAN-PESAN MORAL DALAM TAFSIR JUZ ‘AMMA (Kajian atas Buku Secangkir Tafsir Juz Terakhir Karya Salman Harun) SKRIPSI Diajukan kepada)
15531009_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PESAN-PESAN MORAL DALAM TAFSIR JUZ ‘AMMA (Kajian atas Buku Secangkir Tafsir Juz Terakhir Karya Salman Harun) SKRIPSI Diajukan kepada)
15531009_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Al-Qur’an turun sebagai petunjuk bagi manusia, ia turun untuk merespon kejadiankejadian di masyarakat. Baik itu pada masyarakat yang dulu maupun yang sekarang, respon al-Qur’an tersebut untuk selalu membimbing manusia dari jalan-jalan yang benar, untuk dapat memberikan pesan bahwa dalam kehidupan ada yang namanya baik dan buruk. Berbagai problematika moral yang terjadi pada umat Islam saat ini. Padahal al-Qur’an turun untuk memperbaiki problem-problem tersebut. penelitiam yang dilakukan oleh Scheherazade Rehman dan Hossen Askari tentang perilaku umat Islam yang kurang Islami. Padahal dalam penelitian tersebut yang dijadikan sebagai indikator adalah al-Qur’an dan sunnah. Maka dari itu, suapaya umat Islam itu sendiri kembali kepada al-Qur’an. maka, dalam penelitian ini penulis mengakat tema pesan-pesan moral dalam buku Secangkir Tafsir Juz Terakhir karya Salman Harun. Dalam penelitian ini penulis mencoba mengungkap bagaimana buku tafsir Salman Harun dan bagaimana pesan-pesan moral dalam buku Secangkir Tafsir Juz Terakhir.? Untuk menjawab pertanyaan tersebut penulis mengumpulkan pesan-pesan moral yang terdapat dalam buku Secangkir Tafsir Juz Terakhir lalu menganalisisnya. Penulis juga melihat struktur surah untuk mengetahui bahasan apa saja yang terkadung dalam setiap ayat. Dari jawaban di atas setelah penulis mengumpulkan pesan-pesan moral dalam buku Secangkir Tafsir Juz Terakhir lalu kemudian penulis memilih Berbagai pesan-pesan yang terdapat dalam buku Secangkir Tafsir juz Terakhir namun penulis hanya memilih beberapa diantaranya: 1) pesan moral tentang mengesakan Tuhan, 2) pesan moral bagaimana bersosial, dalam pesan ini penulis mengambil dua bahasan tentang bagaimana saling menghormati dan etika dalam bersosial, 3) pesan tentang pentingnya berpendidikan, dan 4) pesan tentang meyakini kebenaran al-Qur’an. Dalam pesan itu penulis membaginya dalam dua bagian tentang al-Qur’an yang bersumber dari yang maha benar dan al-Qur’an sebagai cahaya. Dari berbagai pesan tersebut pula,setelah penulis lakukan analisis lalu kemudian penulis memberikan relevansinya. Dari berbagai relavansi tersebut adalah: 1) mengedepankan nilai ke islaman dengan berwawasan yang tinggi, 2) mengedepankan nilai-nilai kebangsaan Indonesia dengan religiusitas, 3) bermoral dalam bersosial dengan memberikan santunan kepada yang membutuhkan, 4) bermoral dalam berekonomi dengan berbuat baik dalam perdagangan tanpa ada kecurangan dengan tujuan untuk saling mengjaga hubungan dalam kehidupan sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Afdawaiza, S.Ag.,M.Ag.,
Uncontrolled Keywords: Pesan-pesan moral, tafsir juz ‘amma
Subjects: Tafsir Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 03 Feb 2022 09:15
Last Modified: 03 Feb 2022 09:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49086

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum