RESEPSI NILAI-NILAI PERDAMAIAN BERBASIS ALQURAN (Kajian Atas Modul 12 Nilai Dasar Perdamaian Peace Generation)

Muhammad Wahyudi, NIM. 15531002 (2019) RESEPSI NILAI-NILAI PERDAMAIAN BERBASIS ALQURAN (Kajian Atas Modul 12 Nilai Dasar Perdamaian Peace Generation). Doctoral thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (RESEPSI NILAI-NILAI PERDAMAIAN BERBASIS ALQURAN (Kajian Atas Modul 12 Nilai Dasar Perdamaian Peace Generation) SKRIPSI)
15531002_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (RESEPSI NILAI-NILAI PERDAMAIAN BERBASIS ALQURAN (Kajian Atas Modul 12 Nilai Dasar Perdamaian Peace Generation) SKRIPSI)
15531002_BAB II-S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Indonesia dikenal sebagai negara paling majemuk di dunia dan penghuningnya adalah masyarakat yang mencintai kehidupan damai. Akan tetapi dalam waktu dua dekade terakhir, muncul beberapa konflik yang disertai tindak kekerasan dan tidak jarang yang mengatasnamakan agama. Bahkan, kekerasan yang dilakukan memiliki landasan teologisnya dari ayat-ayat Alquran. Pada satu sisi agama mengajarkan kehidupan yang rukun, namun di sisi lain terdapat sebagian kelompok yang menggunakan agama untuk merusak kerukunan. Di tengah fenomena tersebut muncul sebuah organisasi yang menggunakan ajaran agama sebagai landasan teologis untuk menyebarkan perdamaian di tengah-tengah masyarakat. Organisasi ini memiliki sebuah modul yang digunakan untuk mengajarkan perdamaian, yaitu 12 Nilai Dasar Perdamaian. Modul yang menjadi jiwa bagi organisasi ini memiliki beberapa keunikan, yaitu (1) setiap nilai perdamaian didahului dengan ayat Alquran, (2) terdapat penjelasan mengenai nilai perdamaian dan ayat yang berkaitan dengan bahasa yang sederhana, (3) adanya ilustrasi yang memudahkan pembaca untuk memahami dan (4) terdapat permainan yang memiliki kaitan dengan ayat Alquran dan nilai perdamaian. Asumsi dasar peneiliti ialah bahwa modul 12 Nilai Dasar Perdamaian merupakan sebuah hasil resepsi penyusun modul dan timnya terhadap ayat Alquran. Oleh sebab itu, penulis hendak meneliti bentuk resepsi apa saja yang ada dalam modul tersebut dan mengapa Peace Generation menggunakan ayat Alquran sebagai landasan teologis untuk nilai perdamaian. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah Pertama, terdapat tiga variasi resepsi yang ditemukan dalam modul 12 Nilai Dasar Perdamaian. Di antaranya adalah (1) Resepsi Eksegesis yang diwujudkan pada penjelasan nilai perdamaian dan ayat yang berkaitan pada bagian “inti pelajaran” hingga “tips dan doa”, (2) Resepsi Estetis Eksegesis yang berupa ilustrasi yang dihadirkan ilustrator. Ilustrasi tersebut membantu pembaca lebih mudah untuk memahami penjelasan dan (3) Resepsi Fungsional yang berwujud pada permainan. Beberapa permainan yang dimainkan memiliki kaitan erat dengan pesan ayat Alquran. Kedua, Peace Generation menggunakan ayat Alquran sebagai landasan teologis untuk nilai-nilai pedamaian dalam modul versi muslim didorong oleh dua faktor, yaitu (1) Faktor Internal, latar belakang pendidikan Irfan AmaLee. Ia berasal dari keluarga yang relijius, kemudian belajar pendidikan agama di pesantren selama 6 tahun, lalu melanjutkan studinya pada jenjang strata satu dengan mengambil jurusan Tafsir Hadis (sekarang IAT dan Ilha) UIN Sunan Gunung Djati Bandung. (2) Strategi Peace Generation untuk menjadikan nilai-nilai perdamaian lebih mudah diterima oleh kalangan masyarakat Indonesia. Selain itu, dengan penggunaan ayat ini , streotype bahwa nilai perdamaian yang diajarkan Peace Generation adalah dari “Barat” dapat ditepis dan menegaskan bahwa nilai perdamaian yang ada berasal dari ajaran agama mereka sendiri.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Phil. Sahiron, M.A.
Uncontrolled Keywords: Resepsi, 12 Nilai Dasar Perdamaian dan Peace Generation.
Subjects: Tafsir Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 07 Feb 2022 09:14
Last Modified: 07 Feb 2022 09:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49117

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum