Peningkatan Peran Serta Masyarakat dalam Pengembangan Desa Wisata di Desa Seloharjo, Pundong, Bantul

Musa, - and Safina Rahma Aisha, - (2021) Peningkatan Peran Serta Masyarakat dalam Pengembangan Desa Wisata di Desa Seloharjo, Pundong, Bantul. Project Report. LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (LPPM) UIN SUNAN KALIJAGA, Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Peningkatan Peran Serta Masyarakat dalam Pengembangan Desa Wisata di Desa Seloharjo, Pundong, Bantul)
Peningkatan Peran Serta Masyarakat dalam Pengembangan Desa Wisata di Desa Seloharjo, Pundong, Bantul.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Surat Pernyataan)
surat-surat-pernyataan1644209341.pdf - Published Version

Download (17kB) | Preview

Abstract

Penelitian berbasis komunitas yang berlokasi di Seloharjo ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran yang komprehensif tentang peran serta masyarakat dalam kegiatan pengembangan desa menjadi daerah tujuan wisata. Potensi wisata alam maupun wisata budaya/sejarah yang ada di Seloharjo menjadi aset berharga yang memberi nilai tambah bagi desa yang terletak di Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul ini. Yang dimaksud peran serta masyarakat adalah keikutsertaan seseorang atau kelompok masyarakat dalam suatu kegiatan. Gagasan peran serta muncul dalam diskursus keilmuan didasari asumsi bahwa masyarakat mengetahui permasalahan, tantangan, dan keistimewaan yang ada di lingkungan hidup mereka, Untuk itu masyarakat perlu terlibat dalam kegiatan tata wisata melalui keikutsertaan mereka sejak dari pengambilan keputusan, pelaksanaan di lapangan, pemerolehan manfaat, dan evaluasi pekerjaan. Dengan menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara, didapat fakta bahwa peran serta masyarakat Seloharjo selama ini telah berjalan cukup baik, dengan kesempatan yang selalu terbuka bagi warga untuk meningkatkan kontribusi dan partisipasi pada berbagai lini usaha pariwisata yang ada. Walaupun pandemi Covid-19 telah menginterupsi prospek perkembangan wisata, namun optimisme untuk meningkatkan peran serta masyarakat terus berlanjut seiring dengan tanda-tanda membaiknya iklim industri pariwisata pasca pandemi Covid-19. Dalam hal ini selain memokuskan perhatian ke agenda pengembangan lokasi tujuan wisata, perlu diperhatikan bila proyek pengembangan itu melibatkan peran serta masyarakat yang berada di sekitarnya. Hal itu dimaksudkan agar masyarakat memperoleh manfaat yang optimal (ekonomi maupun sosial) seiring dengan berkembang dan majunya daerah tujuan wisata.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Seloharjo, wisata, peran serta masyarakat
Subjects: Pemberdayaan Masyarakat
Divisions: Penelitian
Depositing User: Dra. Khusnul Khotimah, SS, M.IP -
Date Deposited: 07 Feb 2022 12:36
Last Modified: 07 Feb 2022 12:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49123

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum