MAKNA ESOTERI KERIS KOLEKSI MUSEUM TEMBI RUMAH BUDAYA (STUDI ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES)

Siti Khadijah, NIM. 14510031 (2019) MAKNA ESOTERI KERIS KOLEKSI MUSEUM TEMBI RUMAH BUDAYA (STUDI ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MAKNA ESOTERI KERIS KOLEKSI MUSEUM TEMBI RUMAH BUDAYA (STUDI ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES) Diajukan Kepada)
SITI KHADIJAH_14510031_HALAMAN JUDUL-BAB I,BAB V-CV.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MAKNA ESOTERI KERIS KOLEKSI MUSEUM TEMBI RUMAH BUDAYA (STUDI ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES) Diajukan Kepada)
SITI KHADIJAH-14510031-BAB II-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Senjata Budaya keris merupakan senjata budaya bangsa Indonesia. Berbagai golongan menganggap keris sebagai senjata yang luar biasa dan banyak juga orang yang menganggap keris hanya sebagai benda biasa. Penulis hanya dapat mengambil makna dari tanda sebuah benda budaya keris. Pemaknaan tidak akan lepas dari yang namanya simbol. Manusia adalah makhluk yang tidak dapat lepas dengan simbol, seperti yang ditemukan dalam ranah sosial. Wajar saja manusia memiliki kemampuan untuk mengungkapkan simbol-simbol dalam bersosial, karena manusia sendiri berbudaya dan selalu melakukan interaksi yang menimbulkan komunikasi dan menghasilkan penafsiran-penafsiran yang disimpulkan oleh manusia itu sendiri. Adapun simbol yang dimaksud dapat berupa wujud dalam banyak bentuk, mulai dari diri manusia itu sendiri, kemudian perbuatan manusia itu sendiri, bahasa, dan karya-karya yang dihasilkan manusia, salah satunya ialah karya benda budaya keris. Penulisan skripsi yang berjudul “Makna Esoteri Keris Koleksi Museum Tembi Rumah Budaya (Studi Analisis Semiotika Roland Barthes)” memiliki tujuan untuk mengkaji tentang simbol-simbol dari keris, yang dikhususkan pada makna dari pola-pola pamor keris yang menjadi koleksi terbaik. Penulis menyadari bahwa ruang lingkup keris sangatlah luas sehingga penulis membatasi hanya dalam ruang lingkup keris yang berada di Museum Tembi Rumah Budaya Sewon Bantul. Skripsi “Makna Esoteri Keris Koleksi Museum Tembi Rumah Budaya (Studi Analisis Semiotika Roland Barthes)” merupakan penelitian yang sumber datanya diperoleh dari lapangan, pengumpulan datanya diperoleh dari interview (wawancara), observasi (pengamatan), dokumentasi, selain itu tinjauan pustaka sebagai referensi penelitian ini. Serta data dianalisis dengan menggunakan semiotika Roland Barthes dan interpretasi filosofis sebagai kerangka pemikiran. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan, ditemukan bahwa esoteri keris memiliki makna yang sangat diyakini kebermanfaatannya dan sangat fungsional oleh masyarakat pada zaman dahulu. Namun sangat disayangkan makna-makna tersebut tidak dapat dilihat dengan panca indra sehingga pada zaman sekarang esoteri keris dianggap sebagai mitos oleh kalangan masyarakat pada umumnya. Meskipun saat ini juga kalangan pecinta keris, esoteri keris meyakini kebermanfaatannya, namun belum ada alat atau penemuan untuk membuktikan esoteri keris dapat ditangkap dengan mengunakan panca indra. Karena tidak dapat dilihat dengan panca indra tersebut dikatakan tidak objektif, sehingga esoteri keris dikatakan sebagai mitos.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing. Muhammad Fatkhan, S.Ag,
Uncontrolled Keywords: Esoteri keris koleksi, museum tembi rumah
Subjects: Aqidah Filsafat
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta > Aqidah Filsafat
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Aqidah Filsafat (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 07 Feb 2022 14:58
Last Modified: 07 Feb 2022 14:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49128

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum