AGAMA DAN OLAHRAGA (Pengaruh Perilaku Keberagamaan Atlet Shorinji Kempo Sleman Terhadap Peningkatan Prestasi)

Musannif, NIM. 12520031 (2019) AGAMA DAN OLAHRAGA (Pengaruh Perilaku Keberagamaan Atlet Shorinji Kempo Sleman Terhadap Peningkatan Prestasi). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (AGAMA DAN OLAHRAGA (Pengaruh Perilaku Keberagamaan Atlet Shorinji Kempo Sleman Terhadap Peningkatan Prestasi))
12520031_BAB I_V_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview
[img] Text (AGAMA DAN OLAHRAGA (Pengaruh Perilaku Keberagamaan Atlet Shorinji Kempo Sleman Terhadap Peningkatan Prestasi))
12520031_BAB II_III_IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Agama adalah bentuk keyakinan terhadap sesuatu yang bersifat adikodrati (supernatural) yang menyertai manusia dalam ruang lingkup kehidupan yang luas. Beragama, sebaiknya itu dirasakan dan dipikirkan kemudian dihayati serta dijelmakan dalam tindakan. Pada kenyataannya masyarakat yang beragama juga tidak dapat sepenuhnya mentaati aturanaturan yang ada pada agama. Yang terjadi pada keberagamaan atlet Shorinji Kempo Sleman adalah perilaku para atlet beladiri Shorinji Kempo Sleman tidak jarang perbuatan yang melanggar norma di sosial masyarakat dan agama. Namun, di sisi lain mereka juga melaksanakan ajaran-ajaran yang ada dan juga patuh pada norma-norma sosial yang berlaku di dalam masyarakat. Fenomena seperti ini sangat menarik untuk dikaji. Berdaarkan realitas tersebut peneliti merumuskan dua persoalan yaitu, bagaimana pola atau perilaku keberagamaan para atlet ini, serta menelaah bagaimana pengaruh keberagamaan atlet Shorinji Kempo Sleman terhadap prestasi. Penelitian ini dilakukan untuk melihat keberagamaan yang ada pada para atlet Beladiri Shorinji Kempo Kabupaten Sleman, juga untuk mengetahui tentang pengaruh perilaku keberagamaan terhadap prestasi yang mereka raih. Untuk menjawab permasalahan tersebut pengumpulan data dilakukan denngan observasi dan partisipasi, wawancara (interview), serta dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif analisis. Setelah data terkumpul, penelitian menganalisis keberagamaan atlet Beladiri Shorinji Kempo Kabupaten Sleman ini seperti yang dikemukakan oleh Charles Glock and Rodney Stark bahwa keberagamaan ditinjauh dari lima dimensi yakni dimensi idiologi, viii ritualistik, intelektual, eksperiensial dan konsekuensi dalam hubungan pengaruh perilaku keberagamaan terhadap peningkatan prestasi. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa keberagamaan para atlet Beladiri Shorinji Kempo Kabupten Sleman ini berada pada dimensi ideologis, ritualistik, intelektual. Pada dimensi ideologis, mereka semua percaya akan adanya Tuhan dan hal ini mereka wujudkan pada dimensi ritualistik, yaitu dengan shalat, berdo’a, mengaji, dan ibadah lainnya. Dengan keberagamaan atlet Kempo Sleman tersebut dapat memberikan efek yang signifikat terhadap peningkatan prestasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : H. Ahmad Muttaqin, S.Ag., M.Ag., M.A., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Atlet, Kejuaraan, Keberagamaan
Subjects: Studi Agama Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Studi Agama Agama (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 08 Feb 2022 12:00
Last Modified: 08 Feb 2022 12:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49137

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum