RELIGIUSITAS MAHASISWA MUSLIM PADA PERGURUAN TINGGI KRISTEN DI YOGYAKARTA (Studi Kasus Terhadap Mahasiswa Muslim di Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta)

Mila Indrawati, NIM. 15540011 (2019) RELIGIUSITAS MAHASISWA MUSLIM PADA PERGURUAN TINGGI KRISTEN DI YOGYAKARTA (Studi Kasus Terhadap Mahasiswa Muslim di Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (RELIGIUSITAS MAHASISWA MUSLIM PADA PERGURUAN TINGGI KRISTEN DI YOGYAKARTA (Studi Kasus Terhadap Mahasiswa Muslim di Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta))
15540011_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (RELIGIUSITAS MAHASISWA MUSLIM PADA PERGURUAN TINGGI KRISTEN DI YOGYAKARTA (Studi Kasus Terhadap Mahasiswa Muslim di Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta))
15540011_BAB-II_SAMPAI_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Berdasarkan temuan di lapangan sebelum penelitian terdapat pernyataan yang menyebutkan bahwa Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta merupakan kampus yang intoleran, karena pandangan atau sikap non-Muslim yang menganggap aneh ketika terdapat mahasiswa berjilb masuk di lingkungan kampus. Selain intoleran, berdasarkan sejarah yang ditemukan Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta pada awalnya dikhususkan untuk menyiapkan pendeta bagi jemaat Kristiani di Yogyakarta. Namun, pada kenyataannya banyak mahasiswa Muslim yang menempuh pendidikan di kampus tersebut. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui religiusitas mahasiswa muslim di Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta yang dihubungkan dengan intoleransi yang terdapat di Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta dan pengaruh yang ditimbulkan ketika banyak berinteraksi dengan teman-teman non-Muslim. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah menggunakan sumber primer yang berupa wawancara dengan subjek terkait yaitu mahasiswa/i Muslim dan juga mahasiswa/i non-Muslim di Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta dan sumber data sekunder berupa artikel maupun dokumen yang berhubungan dengan tema penelitian, yaitu dari website Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta dan juga dokumen pendukung lainnya yang didapatkan dari pihak kampus yang berkaitan dengan penelitian. Selanjutnya adalah analisis data, analisis ini berupa pemaparan tentang situasi di tempat penelitian yang kemudian diuraikan secara deskriptif dan naratif. Analisis data dilakukan dengan memaparkan data secara keseluruhan kemudian dianalisis dengan teori religiusitas dan teori persepsi kemudian menarik kesimpulan akhirnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa religiusitas mahasiswa Muslim di Universitas Kristen Duta Wacana tidak mengalami masalah, hal tersebut dibuktikan dengan analisis data menggunakan teori religiusitas pada beberapa dimensi, yang hasilnya adalah sebagai berikut, dimensi keyakinan menunjukkan bahwa mahasiswa Muslim tidak mengalami perubahan atas keyakinanya, sedangkan dimensi praktik agama menunjukkan kurang intensifnya waktu dalam melakukan praktik agama karena ada beberapa faktor yang mempengaruhi, dimensi pengalaman dan penghayatan menunjukkan bahwa Muslim disana menjadikan agama sebagai pengalaman dan penghayatan di tengah perbedaan, dimensi pengetahuan agama menunjukkan mahasiswa Muslim masih mendapatkan pengetahuan agama Islam baik dari rumah maupun dari kegiatan kampus dan dimensi konsekuensi menunjukkan bahwa agama Islam dijadikan sebagai pijakan untuk menerapkan sikap toleran dalam lingkungan agama yang berbeda. Sedangkan persepsi yang didapatkan menunjukkan banyak yang memberikan persepsi positif dibandingkan dengan persepsi negatif. Meskipun banyak berinteraksi dengan orang-orang yang memiliki keyakinan berbeda, keagamaan seseorang tidak mengalami perubahan yang signifikan meskipun berada di lingkungan yang mayoritas berbeda dengan keyakinannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Rr. Siti Kurnia Widiastuti, S.Ag., M.Pd., M.A.
Uncontrolled Keywords: Mahasiswa Muslim, Persepsi, Religiusitas,Universitas Kristen
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 14 Feb 2022 09:57
Last Modified: 14 Feb 2022 09:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49221

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum