PENGARUH MEDIA DAN PANDANGAN ISLAM TERHADAP PEMAKAIAN AKSESORIS PADA PRIA METROSEKSUAL

Savitri Kunti Widayati, NIM.: 14540035 (2022) PENGARUH MEDIA DAN PANDANGAN ISLAM TERHADAP PEMAKAIAN AKSESORIS PADA PRIA METROSEKSUAL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MEDIA DAN PANDANGAN ISLAM TERHADAP PEMAKAIAN AKSESORIS PADA PRIA METROSEKSUAL)
14540035_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MEDIA DAN PANDANGAN ISLAM TERHADAP PEMAKAIAN AKSESORIS PADA PRIA METROSEKSUAL)
14540035_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Fashion merupakan kebiasaan yang muncul didalam waktu yang telah ditentukan dan tidak dapat abadi dan berkembang dengan seiring perkembangan budaya yang masuk, karena saat ini media telah menjadi candu dan dapat merasuk ke dalam alam bawah sadar individu membentuk kepribadian dan budaya baru di lingkungan mereka.Aksesoris merupakan bagian dari fashion dan perkembangan zaman telah membawa fashion yang lebih luas lagi dengan banyaknya media yang telah dapat diterima bahkan diterapkan di kehidupan sosial mereka sehari-hari. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), sumber primernya adalah konsumen instagram @grosiracsesories. Untuk data sekunder yang dipergunakan antara lain jurnal, dokumen dan sebagainya yang memiliki relasi tentang pengaruh media dan pandangan Islam terhadap pemakaian aksesoris pada pria metroseksual. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif. Untuk pengumpulan data yang ditempuh oleh peneliti adalah snowball. Dari penelitian ini ditemukan bahwa pria metroseksual merupakan type pria yang unik dari pria pada umumnya, salahsatu aksesories yang dikenakan oleh pria metroseksual pada umumnya adalah kalung, sehingga pemakaian aksesoris kalung yang diklaim menambah rasa percaya diri oleh pria metroseksual saat ini, sehingga menjadi kebudayaan baru yang terbentuk menjadi sebuah gaya hidup baru, identifikasi dan terapkan dalam kehidupan dan style mereka. Selanjutnya, mengenai fenomena penggunaan aksesories pada pria metroseksual timbul menjadi pro dan kontra jika dipandang dari sudut keagamaan yang mengakibatkan pemakaian aksesoris menjadi perdebatan yang hangat sampai saat ini. Jika dipadu pandankan dengan teori dari Albert Bandura yang menekankan Vicarios Learning (belajar dari mengamati orang lain), Triadic Reciprocal Causation Model, yaitu tindakan manusia merupakan hasil dari interaksi antara tiga variabel, yaitu: Environment (berasal dari Individu), Behavior (Lingkungan yang berpengaruh), Person (kognitif, persepsi) Agent Perspektive, yaitu manusia dapat mengkontrol lingkungan, maka dapat diketahui bahwa perilaku pemakaian aksesories pada pria metroseksual adalah karena adanya pengaruh dari diri sendiri untuk tampil lebih maskulin dan berbeda dari yang lain dan lingkungan yang modern memberikan pengaruh pada model penampilan pria metroseksual melalui media sosial yang banyak memberikan gambaran tentang gaya terkini pria metroseksual yang sedang menjadi sorotan, sehingga pri metroseksual mencoba mengadaptasi gaya penampilan yang ada di media sosial dalam kehidupan kesehariannya dengan persepsi bahwa gaya yang ditiru dari media sosial tersebut membuat penampilan dari pria metroseksual menjadi semakin maskulin dan keren di lingkungan masyarakat sekitar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Nurus Sa’adah, S.Psi., Msi., Psi
Uncontrolled Keywords: Fashion; individu ; pria metroseksual
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 14 Feb 2022 10:11
Last Modified: 14 Feb 2022 10:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49225

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum