SLOGAN PERDAMAIAN DALAM LAGU ALL YOU NEED IS LOVE (ANALISIS RESEPSI KHALAYAK STUART HALL)

Savira Rahma Dini, NIM.: 16540017 (2021) SLOGAN PERDAMAIAN DALAM LAGU ALL YOU NEED IS LOVE (ANALISIS RESEPSI KHALAYAK STUART HALL). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (SLOGAN PERDAMAIAN DALAM LAGU ALL YOU NEED IS LOVE (ANALISIS RESEPSI KHALAYAK STUART HALL))
16540017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (SLOGAN PERDAMAIAN DALAM LAGU ALL YOU NEED IS LOVE (ANALISIS RESEPSI KHALAYAK STUART HALL))
16540017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

The Beatles merupakan grup musik legendaris yang karyanya masih bayak diminati dan dinikmati oleh lintas generasi, salah satunya lagunya yang berejudul “All You Need is Love”. Cinta merupakan kajian yang selalu menarik untuk dibahas dan dipelajari, cinta juga sering dikaitkan dengan sesuatu yang indah, hasrat ketertarikan kepada suatu objek atau manusia diluar dari rasa suka. Dewasa ini masyarakat mengalami berbagai problematik, adanya konflik dan kekerasan mengesampingkan fakta lain bahwa pada hakikatnya mamusia sebagai makhluk hidup diciptakan oleh Tuhan secara beragam dan menjaga cinta kasih kepada sesamanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui resepsi pesan cinta sebagai slogan perdamaian oleh pendengar yang terkandung dalam lagu “All You Need is Love” serta untuk mengetahui dampak mendengarkan lagu-lagu legend The Beatles. Penelitian ini menggunakan metode analisis resepsi Stuart Hall, konsep encoding-decoding yang dicetuskan oleh Stuart Hall menghendaki terjadinya interpretasi yang beragam dari teks selama proses produksi dan penerimaan (resepsi). Fokus analisis ini mengacu pada enam resepsi anak muda yang masih mendengar lagu-lagu legend, terutama lagu “All You Need is Love”. Pada resepsi ini menggunakan model decoding untuk bagaimana respon serta tanggapan anak muda terhadap makna lagu tersebut. Makna dalam analisis ini bukanlah makna yang semata melekat pada teks, melainkan makna yang diciptakan dari khalayak yang membaca teks tersebut. Penelitian ini menunjukkan empat dari enam informan berada pada posisi hegemonic dominant yang berarti menyetujui bahwa lagu ini dikatakan sebagai slogan perdamaian. Namun, dua diantaranya mengatakan bahwa ada lagu yang lebih cocok digunakan sebagai slogan perdamamian sehingga berada pada posisi negotiated position. Mendengarkan lagu legend ternyata memiliki berbagai pengaruh terhadap pendengarnya, pada penelitian ini terdapat tiga pengaruh, yaitu: terhadap emosi, konsep diri, dan pengaruh terhadap karakteristik. Mendengar tidak hanya sekedar mendengar tetapi menginternalisasikannya apa yang di dengar ke dalam aktivitas kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: The Beatles; cinta;
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 14 Feb 2022 11:07
Last Modified: 14 Feb 2022 11:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49239

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum