KONSTRUKSI PERAN PEREMPUAN PADA JARINGAN TERORISME INTERNASIONAL (ANALISIS TOKOH LAYLA DALAM FILM LAYLA M.)

Muhammad Ilham Akbar Rukmana, NIM.: 16210031 (2022) KONSTRUKSI PERAN PEREMPUAN PADA JARINGAN TERORISME INTERNASIONAL (ANALISIS TOKOH LAYLA DALAM FILM LAYLA M.). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSTRUKSI PERAN PEREMPUAN PADA JARINGAN TERORISME INTERNASIONAL (ANALISIS TOKOH LAYLA DALAM FILM LAYLA M.))
16210031_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KONSTRUKSI PERAN PEREMPUAN PADA JARINGAN TERORISME INTERNASIONAL (ANALISIS TOKOH LAYLA DALAM FILM LAYLA M.))
16210031_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian yang berjudul “Konstruksi Peran Perempuan Pada Jaringan Terorisme Internasional (Analisis Tokoh Layla Dalam Film Layla M.)” dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana konstruksi peran perempuan pada jaringan terorisme internasional melalui tokoh Layla dalam film “Layla M. “. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode analisis semiotika Roland Barthes. Objek penelitian ini adalah scene-scene konstruksi peran perempuan pada jaringan terorisme internasional yang ditemukan melalui tokoh Layla. Subyek penelitian ini adalah film “Layla M.”. Hasil dari penelitian ini disimpulkan bahwa konstruksi peran perempuan pada jaringan terorisme internasional masih belum bisa lepas dari jerat Patriarki. Dengan motivasi untuk meninggalkan berbagai keterbatasan berekpresi sebagai seorang Muslimah, Layla ternyata masih mengalami penindasan ketika bergabung dengan jaringan terorisme internasional. Yang mana kelompok tersebut pada mulanya sebagai harapan Layla agar bisa menjadi Muslimah yang ia impikan. Pada jaringan terorisme internasional, peran Layla didominasi oleh peran tradisi yang terpaku pada urusan domestik. Itu terlihat seperti pada adegan dimana ia tidak boleh beraktivitas di luar rumah,bersebrangan pendapat dengan suaminya apalagi dengan agenda kelompoknya. Layla juga tidak diperbolehkan bergaul dengan orang yang dikhawatirkan berbeda ideologi dengan paham yang dianut oleh kelompok suaminya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Mochammad Sinung Restendy, M. Sos.
Uncontrolled Keywords: peran perempuan; sinopsis cerita; terorisme; Film "Layla M"
Subjects: TERORISME
WANITA DALAM ISLAM
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 17 Feb 2022 14:42
Last Modified: 17 Feb 2022 14:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49254

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum