PENGELOLAAN ARSIP DOKUMEN CALON JEMAAH HAJI OLEH SEKSI PENYELENGGARA HAJI DAN UMRAH DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN SLEMAN TAHUN 2019

Annisa Febri Lestari, NIM.: 16240002 (2021) PENGELOLAAN ARSIP DOKUMEN CALON JEMAAH HAJI OLEH SEKSI PENYELENGGARA HAJI DAN UMRAH DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN SLEMAN TAHUN 2019. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGELOLAAN ARSIP DOKUMEN CALON JEMAAH HAJI OLEH SEKSI PENYELENGGARA HAJI DAN UMRAH DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN SLEMAN TAHUN 2019)
16240002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGELOLAAN ARSIP DOKUMEN CALON JEMAAH HAJI OLEH SEKSI PENYELENGGARA HAJI DAN UMRAH DI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN SLEMAN TAHUN 2019)
16240002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minat haji yang semakin bertambah tiap tahunnya. Hal ini menyebabkan terjadinya penumpukan arsip dokumen calon jamaah haji. Penyimpanan arsip dokumen masih menggunakan sistem manual, belum adanya pelatihan khusus dan SOP tentang pengelolaan arsip di seksi penyelenggara haji dan umrah. Oleh sebab itu, dibutuhkan pengelolaan arsip yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta mendeskripsikan proses pengelolaan arsip dokumen calon jamaah haji oleh seksi penyelenggara haji dan umrah di Kementerian Agama Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik dalam menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan arsip dokumen calon jemaah haji oleh seksi penyelenggara haji dan umrah di Kementerian Agama Kabupaten Sleman sudah cukup baik dan efektif serta telah sesuai dengan dua komponen dalam kegiatan kearsipan. Penyimpanannya masih menggunakan sistem manual. Untuk dapat mengatasi kehilangan atau kesalahan data calon jemaah haji, seksi penyelenggara haji dan umrah dapat mengatasinya melalui SISKOHAT dengan kelengkapan data jemaah yang otomatis sudah tersimpan. Belum adanya pelatihan khusus dan SOP tentang pengelolaan arsip di seksi penyelenggara haji dan umrah tidak begitu berpengaruh dalam penerapan yang dilakukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Nurmahni, M.Ag
Uncontrolled Keywords: kearsipan; dokumen; Haji dan Umroh; Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sleman
Subjects: Manajemen > Manajemen Haji
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 17 Feb 2022 14:50
Last Modified: 11 Mar 2022 15:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49255

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum