BIMBINGAN PRIBADI UNTUK MENGEMBANGKAN LIFE SKILL SANTRI DI PANTI ASUHAN AL-HAKIM MELATI SLEMAN YOGYAKARTA

Lisa Andriani, NIM.: 17102020065 (2022) BIMBINGAN PRIBADI UNTUK MENGEMBANGKAN LIFE SKILL SANTRI DI PANTI ASUHAN AL-HAKIM MELATI SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN PRIBADI UNTUK MENGEMBANGKAN LIFE SKILL SANTRI DI PANTI ASUHAN AL-HAKIM MELATI SLEMAN YOGYAKARTA)
17102020065_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN PRIBADI UNTUK MENGEMBANGKAN LIFE SKILL SANTRI DI PANTI ASUHAN AL-HAKIM MELATI SLEMAN YOGYAKARTA)
17102020065_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Panti asuhan merupakan salah satu lembaga yang menaungi anak yatim dan anak terlantar yang ada disekitar masyarakat Indonesia. Adanya pengasuhan dan pembinaan anak harus didasari dengan teknik atau bentuk bimbingan yang baik bagi anak, agar anak dapat memahami dengan baik maksud dari bimbingan pengasuhan bagi anak, yaitu adalah dengan bimbingan pribadi. Adanya life skill yang merupakan bagian pendidikan nonformal, adalah sebuah kecakapan yang harus dimiliki santri sebagai bekal kehidupan sehari-hari, agar santri mampu mengembangkan pribadi menjadi mandiri, bertanggung jawab, dan memiliki kemampuan kerja yang tidak diberikaan saat santri mendapat pendidikan formal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana bentuk bimbingan pribadi untuk mengembangkan life skill santri di Panti Asuhan Al-Hakim Sinar Melati Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif dengan latar Panti Asuhan Al-Hakim Sinar Melati Sleman Yogyakarta. Sumber data pada penelitian ini adalah pengasuh, musyrif dan santri di panti asuhan. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang sudah terkumpul diuji keabsahannya dengan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan tiga metode yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa bentuk bimbingan pribadi yang diterapkan membantu mengembangkan life skill santri. Adapun bentuk bimbingan pribadi yang digunakan adalah informasi individual, penasihatan individual, pengajaran remedial individual, dan penasihatan individual. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengembangan bidang life skill dalam bentuk bimbingan informasi individual adalah berfokus pada sosial anak, penasihatan individual berfokus pada pengembangan bidang mengenal diri dan berpikir, pengajaran remedial individual berfokus pada pengembangan bidang akademik, serta penyuluhan individual berfokus pada pengembangan bidang vokasional/kerja.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Ferra Puspito Sari, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: bimbingan pribadi; life skill; musyrif; santri
Subjects: Bimbingan Konseling
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 21 Feb 2022 10:03
Last Modified: 21 Feb 2022 10:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49260

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum