COVID-19 DAN SHOLAT JUM’AT DI RUMAH: STUDI ARGUMEN KEAGAMAAN WARGA DESA PAGUBUGAN KULON, BINANGUN, CILACAP

Isna Fitrotunnisa, NIM.: 17102030062 (2022) COVID-19 DAN SHOLAT JUM’AT DI RUMAH: STUDI ARGUMEN KEAGAMAAN WARGA DESA PAGUBUGAN KULON, BINANGUN, CILACAP. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (COVID-19 DAN SHOLAT JUM’AT DI RUMAH : STUDI ARGUMEN KEAGAMAAN WARGA DESA PAGUBUGAN KULON, BINANGUN, CILACAP)
17102030062_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (COVID-19 DAN SHOLAT JUM’AT DI RUMAH : STUDI ARGUMEN KEAGAMAAN WARGA DESA PAGUBUGAN KULON, BINANGUN, CILACAP)
17102030062_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan argumen keagamaan warga Desa Pagubugan Kulon yang melegitimasi tindakan sholat Jum’at di rumah saat masa Pandemi Covid-19 dan menjelaskan proses musyawarah yang diputuskan oleh tokoh agama. Adapun penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini diantaranya ada pengumpulan data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa argumentasi warga desa terkait dengan pelaksanaan sholat Jum’at di rumah memunculkan perbedaan argument yang variatif yakni pro dan kontra karena kurangnya pemahaman tentang ilmu agama dan ilmu Kesehatan yaitu bahaya Covid-19. Pro menunjukan bahwa masyarakat menanggapi dengan baik adanya kebijakan dari pemerintah yakni mengikuti aturan yang sudah dibuat dengan melaksanakan kegitan sholat Jum’at di rumah sementara waktu demi keamanan bersama guna memutus rantai penularan Covid-19. Pada sisi kontra, masyarakat menolak atau menyayangkan dengan adanya kebijakan dari pemerintah karena kurang maksimal, warga menganggap bahwa Covid-19 itu tidak ada di Desa Pagubugan Kulon, mereka setuju jika kebijakan ini diterapkan pada daerah yang memang jelas adanya penyebaran virus yang sudah berbahaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Abdur Rozaki, S.Ag. M.Si
Uncontrolled Keywords: sholat Jum'at di rumah,; kebijakan pemerintah; tokoh agama; argumentasi
Subjects: Covid-19
Hukum Islam
Hukum Islam > Fiqih > Sholat
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 21 Feb 2022 10:31
Last Modified: 21 Feb 2022 10:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49263

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum