Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw Dusun Mlangi, Desa Nogotirto, Gamping, Sleman, Yogyakarta: Studi Living Hadis

M Ridho Lubis, NIM. 15550029 (2019) Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw Dusun Mlangi, Desa Nogotirto, Gamping, Sleman, Yogyakarta: Studi Living Hadis. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw Dusun Mlangi, Desa Nogotirto, Gamping, Sleman, Yogyakarta: Studi Living Hadis SKRIPSI)
15550029_BAB I_IV_ATAU_V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw Dusun Mlangi, Desa Nogotirto, Gamping, Sleman, Yogyakarta: Studi Living Hadis SKRIPSI)
15550029_BAB II_sampai-SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Maulid merupakan sebuah peringatan atas lahirnya Nabi Muhammad Saw., di berbagai belahan dunia maulid diperingati dengan berbagai cara, seperti pembacaan sya‟ir tentang kehidupan Nabi Saw, pawai, sekatenan, shalawatan, pengajian, dan sebagainya. Sebagian umat muslim memiliki pandangan lain terhadap pelaksanaan peringatan maulid, mereka beranggapan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk kesesatan dan melarang adanya peringatan ini. Namun pernyataan tersebut dibantah oleh kalangan pendung peringatan maulid ini, pada umumnya legitimasi peringatan maulid yang dipakai oleh kalangan ini adalah dalil-dalil seputar cinta kepada Nabi Saw., dan keutamaan bershalawat kepadanya. Acara peringatan maulid Nabi Saw. Dusun Mlangi merupakan salah satu acara kebanggaan masyarakat Dusun Mlangi, kegiatan tahunan ini diisi dengan pembacaan maulid dengan di ngelik-kan, kenduri dalam bentuk berkat, dan tari kojan. Isi dari kegiatan tersebut merupakan perpaduan antara kebudayaan dan agama, salah satunya ngelik yang sesungguhnya adalah shalawat kemudian dikemas dalam bentuk tembang Jawa sehingga menghasilkan alunan yang menarik didengar, sama halnya juga kojan yang diiringi dengan musik serta tarian. Begitu juga dengan berkat yang berasal dari tradisi orang-orang Jawa ketika melaksanakan berbagai macam slametan. Penelitian ini mencoba menjelaskan bagaimana peran serta hadis dalam peringatan maulid Mlangi, bagaimana proses transmisinya dan pemaknaan peringatan maulid tersebut oleh masyarakat Dusun Mlangi. Adapun pendekatan yang digunakan yakni studi living hadis dengan teori Clifford Geertz tentang agama sebagai sistem kebudayaan. Pada teorinya tersebut Geertz beranggapan bahwa agama sebagai fakta kultural sebagaimana adanya dalam kebudayaan Jawa bukan hanya sekedar ekspresi kebutuhan sosial atau ekonomis semata. Berdasarkan penulusuran tersebut, hasil dari penelitian ini menunujukkan ada peran serta hadis yang mendasari peringatan maulid Nabi Saw di Mlangi, sebut saja hadis-hadis yang mengajarkan cinta kepada nabi, bershalawat kepada Nabi Saw, sedekah, syiiran, dan pemilihan imam shalat. Selain itu dialektika agama dan budaya membuat kekhasan dan kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Mlangi. dialek tersebut bisa dilihat dari prosesi shalawat ngelik, tari kojan, berkat-an, yang tercermin dalam peringatan maulid di Mlangi tersebu

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Subkhani Kusuma Dewi, M.A
Uncontrolled Keywords: Living Hadis, Maulid, Mlangi
Subjects: Hadis
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Hadis (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 14 Feb 2022 15:55
Last Modified: 14 Feb 2022 15:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49265

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum