KONSTRUKSI SOSIAL NILAI-NILAI HADIS DALAM DESAIN RUMAH TINGGAL ISLAMI (Studi Atas Perumahan Taman Darussalam Yogyakarta)

Siti Aminatul Maulah, NIM. 15550023 (2019) KONSTRUKSI SOSIAL NILAI-NILAI HADIS DALAM DESAIN RUMAH TINGGAL ISLAMI (Studi Atas Perumahan Taman Darussalam Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSTRUKSI SOSIAL NILAI-NILAI HADIS DALAM DESAIN RUMAH TINGGAL ISLAMI (Studi Atas Perumahan Taman Darussalam Yogyakarta))
15550023_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KONSTRUKSI SOSIAL NILAI-NILAI HADIS DALAM DESAIN RUMAH TINGGAL ISLAMI (Studi Atas Perumahan Taman Darussalam Yogyakarta))
15550023_BAB II_SAMPAI_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Indonesia dengan penduduk yang mayoritas beragama Islam merupakan konsumen potensial bisnis berbasis Syariah. Apalagi akhir-akhir ini tengah marak jasa maupun produk yang menerapkan konsep berbasis syariah. Mulai dari perbankan syariah, asuransi syariah, saham syariah hingga properti syariah. Perumahan Taman Darussalam Jogja merupakan satu dari sekian banyak proyek pembangunan properti di bidang syariah. Gagasan mengenai pembangunan rumah tinggal berbasis syariah ini tidak semata-mata mengikuti tren perkembangan bisnis dibidang properti. Selain skema penjualan yang sesuai dengan syariat-syari’at Islam yakni tanpa riba, tanpa denda, dan tanpa sita, perumahan Taman Darussalam ini juga dilengkapi dengan fasilitas yang mendukung untuk perkembangan nilai-nilai Islam. Seperti, masjid besar, rumah tahfidz, kajian rutin, serta fasilitas olahraga sunnah, area memanah, berkuda dan kolam renang terpisah antara ikhwan dan akhwat. Studi ini ingin menganalisis bagaimana nilai-nilai Hadis ditransformasikan ke dalam konsep rumah tinggal Islami. dengan menggunakan metode kualitatif dengan teknik wawancara semiterstruktur, studi ini ingin mengetahui bagaimana nilai-nilai Hadis dipahami dan di transformasikan ke dalam konsep rumah tinggal Islami di perumahan Taman Darussalam Jogja. Dari hasil wawancara tersebut diperoleh hasil bahwa di perumahan Taman Darussalam Jogja, Hadis dipahami tidak sebatas teksnya saja melainkan hadis tersebut berusaha untuk ditransformasikan ke dalam konsep rumah tinggal Islami yang wujudnya berupa tatanan permukiman yang mengikuti sunnah Rasulullah, pengadaan fasilitas seperti olahraga sunnah, kolam renang terpisah antara ikhwan dan akhwat, serta berupa kegiatan-kegiatan keislaman lainnya seperti kajian, tahsin, tahfidz. Implikasi dari studi ini adalah rumah tinggal Islami bukanlah rumah yang hanya berfungsi sebagai tempat tinggal melainkan rumah yang juga berfungsi sebagai sarana untuk mendekatkan diri penghuni kepada sang pencipta, rumah tinggal Islami bukan pula rumah dengan dekorasi ke Arab-araban, melainkan rumah yang di dalam kesehariannya diterapkan nilai-nilai Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Siti Aminatul Maulah
Uncontrolled Keywords: Rumah tinggal Islami, Transformasi nilai-nilai Hadis, perumahan syariah
Subjects: Hadis
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Hadis (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 15 Feb 2022 12:07
Last Modified: 15 Feb 2022 12:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49268

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum