PERANAN SOSIAL-KEAGAMAAN K. H. AHMAD JAILANI DI DESA CANDI, KECAMATAN DUNGKEK, SUMENEP (TAHUN 1962-1989 M.)

Ach Qamaruddin, NIM.: 14120088 (2021) PERANAN SOSIAL-KEAGAMAAN K. H. AHMAD JAILANI DI DESA CANDI, KECAMATAN DUNGKEK, SUMENEP (TAHUN 1962-1989 M.). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERANAN SOSIAL-KEAGAMAAN K. H. AHMAD JAILANI DI DESA CANDI, KECAMATAN DUNGKEK, SUMENEP (TAHUN 1962-1989 M.))
14120088_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA (1).pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERANAN SOSIAL-KEAGAMAAN K. H. AHMAD JAILANI DI DESA CANDI, KECAMATAN DUNGKEK, SUMENEP (TAHUN 1962-1989 M.))
14120088_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Desa Candi merupakan salah satu desa yang terletak di Kabupaten Sumenep, desa tersebut berada di Kecamatan Dungkek. Desa Candi memiliki enam dusun Dusun poja I Dusun Poja II, Leke I Leke II, Gunung I dan Gunung II. Secara keseluruhan masyarakatnya memeluk agama Islam akan tetapi masih banyak masyarakat yang tidak menjalankan syariat-syariat Islam seperti: salat, puasa dan aktivitas keagamaan lainnya. Kondisi keagamaan juga minimnya sarana pendidikan menambah permasalahan yang terjadi di Desa Candi. K. H. Ahmad Jailani berperan dan berkontirbusi terhadap perubahan yang terjadi di Desa Candi khususnya dalam bidang keagamaan dan pendidikan. Oleh karen itu peneliti merumuskan beberapa pertanyaan dari permasalahan yang terjadi di atas, yaitu: Bagaimana latar belakang Kondisi masyarakat Desa Candi? Bagaimana Sosok K.H. Ahmad Jailani? Apa saja peran dan kontribusi K.H. Ahmad Jailani di Desa Candi?. Penelitian ini mencoba menerapkan teori peranan sosial yang di kemukakan oleh Gross Masson dan Mc. Eachern. Dimana teori tersebut bertujuan untuk mengkaji apa saja peran yang di lakuan oleh K. H. Jailani terhadap masyarakat Desa Candi. Sedangkan pendekatan biografi digunakan untuk menganalisis latar belakang sejarah K.H. Jailani, sedangkan teori peranan sosial digunakan untuk mengetahui pengaruh dari tindakan yang dilakukan K.H. Ahmad Jailani, sehingga masyarakat mengikuti tindakan dan perilaku tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian sejarah yang meliputi: heurustik, verivikasi, interpretasi, dan historiografi. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa masyarakat Desa Candi secara keseluruhan memeluk agama Islam, Juga tingkat pendidikan masyarakat Desa Candi yang rendah dan minimnya lapangan pekerja sehingga rata-rata pekerjaan mereka adalah petani dan pemeras nirah. K.H. Ahmad Jailani lahir di Desa Candi Kecamatan Dungkek tahun 1945. Ia mulai berperan di masyarakat Desa Candi sejak tahun 1962-1989. Kemudian ia mengawali perjuangannya di bidang keagamaan seperti: ibadah, pengajian dan pemakmuran musala-masjid. Ia juga mendirikan sebuah lembaga pendidikan yang bertujuan untuk memperbaiki kondisi sosial masyarakat di bidang pendidikan. Selain pendidikan formal ia juga mendirikan pendidikan salaf dan juga beberapa aktivitas keagamaan seperti ajin kitab dan pembacaan Barzanji.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Himayatul Ittihadiyah, M.Hum
Uncontrolled Keywords: Keagamaan, Pendidikan, K.H. Ahmad Jailani, Sosial Kemasyarakatan
Subjects: Biografi Tokoh
Sosial, Interaksi
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 16 Feb 2022 10:19
Last Modified: 16 Feb 2022 10:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49276

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum