KH ACHMAD DAMANHURI YAQUB DAN PERANNYA DALAM TAREKAT SYADZILIYAH DI KEMIRI BARAT, SUBAH, BATANG JAWA TENGAH (1994-2011)

Ma’rifatul Ulum, NIM.: 14120020 (2022) KH ACHMAD DAMANHURI YAQUB DAN PERANNYA DALAM TAREKAT SYADZILIYAH DI KEMIRI BARAT, SUBAH, BATANG JAWA TENGAH (1994-2011). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (K. H. ACHMAD DAMANHURI YAQUB DAN PERANNYA DALAM TAREKAT SYADZILIYAH DI KEMIRI BARAT, SUBAH, BATANG JAWA TENGAH (1994-2011))
14120020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (K. H. ACHMAD DAMANHURI YAQUB DAN PERANNYA DALAM TAREKAT SYADZILIYAH DI KEMIRI BARAT, SUBAH, BATANG JAWA TENGAH (1994-2011))
14120020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas peran K. H. Achmad Damanhuri Yaqub dalam Perkembangan Tarekat Syadziliyah di Kemiri Barat, Subah, Batang, Jawa Tengah (1986-2011). Fokus penelitian ini meliputi 3 bahasan utama yaitu perkembangan Tarekat Syadziliyah di Kemiri Barat di bawah pimpinan K. H. Achmad Damanhuri Yaqub pada 1986-2011, peran KH. Achmad Damanhuri Yaqub dalam perkembangan Tarekat Syadziliyah di Kemiri Barat, dan pengaruh Tarekat Syadziliyah di Kemiri Barat. Penelitian ini dibatasi antara tahun 1986-2011 dengan alasan tahun 1986 K. H. Achmad Damanhuri Yaqub mulai bergelut di Tarekat Syadziliyah, sedangkan tahun 2011 merupakan tahun dimana K. H. Achmad Damanhuri Yaqub meninggal dunia. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan biografi-sosiologi. Pendekatan biografis ini digunakan untuk mengetahui sosok kehidupan K. H. Achmad Damanhuri Yaqub. Sedangkan, pendekatan sosiologis ini digunakan untuk melihat peran K. H. Achmad Damanhuri Yaqub terhadap perkembangan Tarekat Syadziliyah di Kemiri Barat tahun 1986-2011 M. Kerangka teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori peranan sosial dan teori evolusi. Teori peranan sosial yang di kemukakan oleh Erving Goffman ini memiliki relevansi dengan peranan yang dilakukan oleh K. H. Achmad Damanhuri Yaqub sebagai tokoh agama yang menjadi panutan bagi masyarakat di daerahnya. Sedangkan teori evolusi digunakan untuk menjelaskan tentang perkembangan Tarekat Syadziliyah di Kemiri Barat, Subah, Batang tahun 1986-2011. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah yaitu heuristik, verifikasi, interpretasi, historiografi sehingga dapat membantu dalam mengungkap peristiwa secara kronologis, sistematis, serta sesuai dengan fakta. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, dalam kepemiminan K. H. Achmad Damanhuri perkembangan Tarekat Syadziliyah menyebar sampai ke beberapa kecamatan di sekitar Kecamatan Subah bahkan menyebar sampai ke Kabupaten Pemalang. Kedua, peran yang dilakukan oleh K. H. Achmad Damanhuri dalam perkembangan Tarekat Syadziliyah di Kemiri Barat adalah dengan menjadi mursyid tarekat dan mengenalkan serta mengajarkan amalan-amalan dari Tarekat Syadziliyah, ia juga membentuk rutinan mujahadah dan mengisi pengajian. Ketiga, pengaruh yang terjadi terhadap para pengikut Tarekat Syadziliyah di Kemiri Barat adalah berpengaruh terhadap pribadi masing-masing, pengaruh dalam hal keagamaan yaitu ibadahnya lebih baik dan batinnya merasa lebih tentram karena juga mengamalkan amalan-amalan dan ajaran dari Tarekat Syadziliyah setelah di baiat. Sedangkan dalam hal ekonomi yaitu mereka lebih merasakan nikmat dan ekonominya yang berkecukupan karena di dalam Tarekat Syadziliyah diajarkan juga untuk hidup sederhana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Nurul Hak, S.Ag.
Uncontrolled Keywords: Tarekat Syadziliyah, KH. Achmad Damanhuri Yaqub, Desa Kemiri Barat
Subjects: Biografi Tokoh
TASAWUF > Tareqoh / Tarekat
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 16 Feb 2022 10:22
Last Modified: 16 Feb 2022 10:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49278

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum