TELAAH KRITIS PERISTIWA PENINDASAN MUSLIM UIGHUR CHINA TAHUN 1980AN-2018 PERSPEKTIF KIRI ISLAM HASSAN HANAFI

Rohmatun Nafi’ah, NIM.: 17105010007 (2022) TELAAH KRITIS PERISTIWA PENINDASAN MUSLIM UIGHUR CHINA TAHUN 1980AN-2018 PERSPEKTIF KIRI ISLAM HASSAN HANAFI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Telaah Kritis Peristiwa Penindasan Muslim Uighur China tahun 1980an-2018 Perspektif Kiri Islam Hassan Hanafi)
17105010007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (Telaah Kritis Peristiwa Penindasan Muslim Uighur China tahun 1980an-2018 Perspektif Kiri Islam Hassan Hanafi)
17105010007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tulisan ini membahas tentang fenomena diskriminasi Muslim Uighur China yang dikaitkan dengan salah satu konsep Kiri Islam Hasan Hanafi yakni dengan menggunakan Kiri Islam dan reaktualisasi khazanah keilmuan Islam Klasik. Pengkajian terhadap konsep Kiri Islam Islam membantu penulis untuk menganalisis tragedy diskriminasi yang terjadi di Xianjiang China yang di lakukan oleh pemerintahan China terhadap umat Islam. Rumusan masalah yang akan dikaji dalam skripsi ini yakni Bagaimana fenomena kekerasan yang terjadi pada Muslim Uighur China tahun 1980an-2018? Bagaimana relevansi antara kasus Penindasan Kaum Muslim Uighur China dengan perspesktif Kiri Islam Hasan Hanafi ? Kajian ini merupakan kajian filosofis menggunakan metode penelitian kualitatif dan deskriptif –analisis dengan sumber primer berupa surat kabar resmi dari berbagai sumber beberapa diantaranya CNN, Aljazera, BBC Indonesia dll yang didukung dengan sumber data skunder berupa artikel, video, berita, jurnal, buku, dll sebagai sumber tambahan. Hasil penelitian penulis meunjukkan bahwa dengan menggunakan Kiri Islam dan reaktualisasi khazanah keilmuan Islam Klasik. Muslim Uyghur memiliki kesempatan untuk terbebas dari penindasan yang dilakukan oleh pemerintahan China apabila mereka menggunakan rasionaitas sebagai pijakan awal untuk terbebas dari diskriminasi. Muslim Uyghur harus membangun pola berfikir yang rasional karena akal dapat menilai sebagai hal positif dan hal negative. Pentingnya akal adalah untuk membangun pengetahun keagamaan dan menegakkan keadilan. Konsep ini diusung oleh Hasan Hanafi dalam membumikan nilai-nilai Islam yakni menggunakan teologi pembebasan. Dalam situasi ini masyarakat Uighur secara serentak harus berani mengambil risiko untuk menentang keadilan supaya dapat memiliki kebebasan dalam hal apapun terlebih dalam melaksanakan keagama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Rizal Al Hamid, M.Si
Uncontrolled Keywords: Hasan Hanafi, Kiri Islam dan Reaktualisasi Khazanah Islam Klasik, muslim Uyghur, Pemerintahan China
Subjects: Aqidah Filsafat
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta > Aqidah Filsafat
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Aqidah dan Filsafat Islam (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 15 Feb 2022 09:45
Last Modified: 15 Feb 2022 09:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49287

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum