PENGARUH PEMBACAAN QS. AL-WAQI’AH TERHADAP ETOS KERJA (Studi Living Qur’an Terhadap Pembatik di Kampung Batik Giriloyo Desa Wukirsari Kecamatan Imogiri Kabupaten Bantul Yogyakarta)

Mirza Abdul Hakim, NIM.: 17105030061 (2022) PENGARUH PEMBACAAN QS. AL-WAQI’AH TERHADAP ETOS KERJA (Studi Living Qur’an Terhadap Pembatik di Kampung Batik Giriloyo Desa Wukirsari Kecamatan Imogiri Kabupaten Bantul Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PEMBACAAN QS. AL-WA> QI’AH TERHADAP ETOS KERJA (Studi Living Qur’a>n Terhadap Pembatik di Kampung Batik Giriloyo Desa Wukirsari Kecamatan Imogiri Kabupaten Bantul Yogyakarta))
17105030061_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PEMBACAAN QS. AL-WA> QI’AH TERHADAP ETOS KERJA (Studi Living Qur’a>n Terhadap Pembatik di Kampung Batik Giriloyo Desa Wukirsari Kecamatan Imogiri Kabupaten Bantul Yogyakarta))
17105030061_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kampung Batik Giriloyo adalah salah satu daerah penghasil batik di Yogyakarta. Sebagian besar masyarakat di kampung ini bekerja sebagai pembatik dan jumlahnya di dominasi oleh kaum perempuan. Dalam menjalankan pekerjaan mereka sebagai pembatik, mereka juga menjalankan beberapa laku keagamaan untuk menunjang kebutuhan batin mereka. Salah satu laku keagamaan yang banyak dilakukan oleh pembatik adalah ritual pembacaan Qs. Al-Waqi’ah. Fadilah Qs. AlWaqi’ah yang dipercaya dapat membuka pintu rezeki dan memperlancar usaha ditangkap oleh pembatik, kemudian mereka mengaplikasikannya lewat praktik ritual yang mereka jalankan berdasarkan pemahaman mereka masing-masing. Menariknya, para pembatik yang melakukan praktik ritual ini ternyata di lain sisi menunjukkan peningkatan pendapatan dan produktivitas yang signifikan. Oleh karenanya peneliti merasa tertarik untuk mengkaji lebih jauh terkait fenomena ini, terutama terkait dengan pengaruh pembacaan Qs. Al-Waqi’ah dan pengaruhnya terhadap etos kerja. Untuk menyelesaikan problem akademik tersebut peneliti menggunakan penelitian lapangan dengan metode yang digunakan adalah metode deskriptifkualitatif yang merujuk pada pendekatan Living Qur’an. Seluruh data yang diperoleh dari lapangan diproses dan dianalisis melalui beberapa tahapan. Pertama, reduksi data atau pemilihan data yang sesuai dengan penelitian. Kedua, data yang dipilah kemudian dideskripsikan dan dianalisis menggunakan teori Karl Mannheim dan Teori Max Weber. Teori Karl Mannheim menjelaskan mengenai bagaimana keterkaitan antara konteks sosial dan pemikiran manusia, teori ini dipakai peneliti untuk menjelaskan mengenai bagaimana pemahaman, praktik dan makna tersebut ditangkap dan aplikasikan oleh pembatik. Sedangkan teori Max Weber yang menjelaskan mengenai pengaruh doktrin agama terhadap perkembangan ekonomi, peneliti gunakan untuk menjelaskan mengenai korelasi antara agama dengan etos kerja pembatik. Langkah ketiga yaitu menarik kesimpulan dari penjelasan dari analisis tersebut. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, pemahaman pembatik terhadap Qs. Al-Waqi’ah dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya : doktrin agama dan legalitas budaya, peran orang yang berpengaruh (orang tua dan tokoh agama), pengalaman pribadi dan riwayat mengenai surat tersebut. Kedua, muncul praktik ritual pembacaan Qs. Waqi’ah yang beragam, baik secara individu atau berkelompok dengan pola kegiatan dan waktu tertentu. Ketiga, alasan para pembatik melakukan praktik ini selain untuk membuka pintu rezeki dan memperlancar usaha, mereka juga berkeyakinan bahwa praktik pembacaan Qs. AlWaqi’ah ini sebagai kebutuhan yang membantu mereka merasa nyaman dan kreatif ketika membatik. Keempat, pemahaman dan keyakinan atas surat Al-Waqi’ah berkorelasi positif dengan peningkatan produktivitas pembatik baik dari sisi pekerjaan maupun penghasilan secara keekonomian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Abd. Aziz Faiz M.Hum
Uncontrolled Keywords: Al-Waqi’ah , Kampung Giriloyo, Pembatik, dan Etos Kerja
Subjects: Ilmu Alqur’an dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 15 Feb 2022 10:34
Last Modified: 15 Feb 2022 10:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49297

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum