K.H. ABDUL ROZAQ; PRESTASINYA DALAM MENGEMBANGKAN PONDOK PESANTREN NURUL FALAH TEGAL RANDU SRUMBUNG MAGELANG TAHUN 1979-2017M

Fuad Naim Baihaqi, NIM.: 14120104 (2022) K.H. ABDUL ROZAQ; PRESTASINYA DALAM MENGEMBANGKAN PONDOK PESANTREN NURUL FALAH TEGAL RANDU SRUMBUNG MAGELANG TAHUN 1979-2017M. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (K.H. ABDUL ROZAQ; PRESTASINYA DALAM MENGEMBANGKAN PONDOK PESANTREN NURUL FALAH TEGAL RANDU SRUMBUNG MAGELANG TAHUN 1979-2017M)
14120104_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (K.H. ABDUL ROZAQ; PRESTASINYA DALAM MENGEMBANGKAN PONDOK PESANTREN NURUL FALAH TEGAL RANDU SRUMBUNG MAGELANG TAHUN 1979-2017M)
14120104_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pesantren adalah salah satu lembaga pendidikan yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan umat Islam. Sejarah pesantren merupakan bagian yang tak dipisahkan dari sejarah pertumbuhan masyarakat Islam Indonesia. Pada awal penyebaran Islam para tokoh Islam menggunakan pesantren sebagai sarana untuk mengenal ajaran-ajaran Islam. Lahirnya Pondok Pesantren Nurul Falah Tegal Randu, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang, pada awalnya merupakan respon terhadap gerakan gerakan kristenisasi dari kelompok kelompok atau agama lain. Latar belakang berdirinya pesantren ini diawali dengan sebuah keprihatinan seorang Kiai terhadap nasib kaum muda dan masyarakat pada umumnya yang hendak menghambakan diri kepada Allah SWT, namun tidak memiliki basis pengetahuan keagamaan yang kuat. Berdasarkan alasan itulah lalu muncul tokoh yang memperjuangkan nasib kaum muda dan masyarakat maka dari itu harus diketahui bagaimana sosok tokoh yang memperjuangkan serta bagaimana latar belakang berdirinya pondok pesantren dan bagaimana strategi K.H Abdul Rozaq dalam mengembangkan Pondok Pesantren Nurul Falah Tegal Randu Srumbung Magelang Untuk menguraikan hal di atas maka peneliti menggunakan pendekatan sosiologi, teori peranan sosial yang dikemukakan oleh Peter Burke. Selain itu peneliti menggunakan metode sejarah yang meliputi heuristik, verifikasi, interpretasi, dan historiografi sehingga dapat membantu dalam mengungkapkan peristiwa secara kronologis, sistematis serta sesuai dengan fakta sejarah. Hasil dari penelitian ini bahwa kiai Abdul Rozaq adalah sosok yang cerdas dan berasal dari keluarga yang agamis dan pejuang pendidikan sehingga wajarlah kalau selanjutnya ia mendirikan Pondok Pesantren Nurul Falah. Sebelum berdirinya pondok pesantren, sudah ada majlis taklim dengan sistem pengajarannya secara ribathiah. Sementara itu strategi K.H Abdul Rozaq dalam mengembangkan Pondok Pesantren Nurul Falah di bidang lembaga Pendidikan (mendirikan Mts, MA, Madrasah Diniyah), di bidang ekonomi dengan mendirikan koperasi simpan pinjam, dan di bidang pengelolaan manajemen pondok pesantren adalah mampu mengorganisasikan kinerja secara transparan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Soraya Adnani, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pondok Pesantren, Kiai, Abdul Rozaq
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Kyai - Ustadz - Guru
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 16 Feb 2022 10:32
Last Modified: 16 Feb 2022 10:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49307

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum