AT-TAMYIZU AL-IJTIMA 'IYYU FI ALQISSAH ALQASIRAH "LA KARAMATA LI NABIYI FI WATHANIHI" LI TAUFIQ AL-HAKIM (DIRASAH TAHLILIYAH IJTIMA 'IYYAH ADABIYAH)

M. Ziaurrahman Al-Fajri, NIM.: 16110073 (2021) AT-TAMYIZU AL-IJTIMA 'IYYU FI ALQISSAH ALQASIRAH "LA KARAMATA LI NABIYI FI WATHANIHI" LI TAUFIQ AL-HAKIM (DIRASAH TAHLILIYAH IJTIMA 'IYYAH ADABIYAH). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (AT-TAMYIZU AL-IJTIMA 'IYYU FI ALQISSAH ALQASIRAH "LA KARAMATA LI NABIYI FI WATHANIHI" LI TAUFIQ AL-HAKIM (DIRASAH TAHLILIYAH IJTIMA 'IYYAH ADABIYAH))
16110073_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (AT-TAMYIZU AL-IJTIMA 'IYYU FI ALQISSAH ALQASIRAH "LA KARAMATA LI NABIYI FI WATHANIHI" LI TAUFIQ AL-HAKIM (DIRASAH TAHLILIYAH IJTIMA 'IYYAH ADABIYAH))
16110073_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Sebuah karya sastra tidak lahir dari kekosongan sosial budaya dalam rantai kehidupan masyarakat. Salah satu isu yang kerap melatar belakangi lahirnya karya sastra adalah isu tentang diskriminasi sosial. Dengan menggunakan karya sastra, penulis mencoba menggambarkan realitas sosial sebuah sistem masyarakat dan memberikan kritik terhadap diskriminasi tersebut. Cerpen yang berjudul La Karamata Lin Nabi fi Wathanihi karya Taufiq al-Hakim juga memuat isu diskriminasi di dalamnya. Kisahnya menceritakan sikap diskriminatif yang dilakukan oleh masyarakat desa terhadap seorang yang buruk rupa sedang mencari dambaan hati untuk dinikahinya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan bagaimana bentuk diskriminasi yang dilakukan masyarakat kepada tokoh utama dan mengapa masyarakat melakukan diskriminasi tersebut. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode simak catat. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif. Salah satu teori untuk membedah rumusan masalah tersebut adalah teori sosiologi sastra. Dalam penelitian ini teori sosiologi sastra yang digunakan merujuk pada pemikiran Rene Wellek dan Austin Warren. Mereka menyatakan bahwa hubungan karya sastra dengan masyarakat yakni, karya sastra merupakan dokumen sosial dan bentuk potret kenyataan sosial. Hasil penelitian ini yaitu ditemukan dua bentuk diskriminasi yang dilakukan oleh masyarakat terhadap tokoh utama (Zanjir), yaitu diskriminasi fisik dan diskriminasi status sosial. Adapun faktor yang menyebabkan terjadinya didiskriminasi adalah kurangnya kesadaran bahwa sebenarnya manusia memiliki derajat yang sama di hadapan Tuhan, pengaruh dari orang lain mengenai cara pandang terhadap individu sehingga mengakibatkan subjektivitas nilai terhadap seseorang dan status sosial dianggap sebagai puncak dari segalanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Yulia Nasrul Latifi, S.Ag., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Sosiologi Sastra, Diskriminasi Sosial, Fisik, Status Sosial.
Subjects: Kesusastraan Arab > Bahasa dan Sastra Arab - Analisis Teks
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 16 Feb 2022 10:32
Last Modified: 16 Feb 2022 10:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49308

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum