AISYAH HAMID BAIDLOWI : POTRET PENGGERAK PEREMPUAN NAHDLATUL ULAMA DI BIDANG AGAMA, SOSIAL, DAN POLITIK 1959-2018 M

Siti Fauziah Ummahatul M., NIM.: 16120038 (2022) AISYAH HAMID BAIDLOWI : POTRET PENGGERAK PEREMPUAN NAHDLATUL ULAMA DI BIDANG AGAMA, SOSIAL, DAN POLITIK 1959-2018 M. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (AISYAH HAMID BAIDLOWI : POTRET PENGGERAK PEREMPUAN NAHDLATUL ULAMA DI BIDANG AGAMA, SOSIAL, DAN POLITIK 1959-2018 M)
16120038_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (AISYAH HAMID BAIDLOWI : POTRET PENGGERAK PEREMPUAN NAHDLATUL ULAMA DI BIDANG AGAMA, SOSIAL, DAN POLITIK 1959-2018 M)
16120038_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini memaparkan mengenai wujud gerakan Aisyah Hamid Baidlowi sebagai tokoh penggerak perempuan Nahdlatul Ulama di bidang agama, sosial, dan politik pada 1959-2018 M. Pemaparan mengenai Aisyah ini menarik diteliti sebab Aisyah memilih berjuang dengan upayanya sendiri tanpa menggunakan labelnya sebagai keturunan elite NU. Selain itu, Aisyah juga memilih berjuang di luar NU karena ia tidak ingin menggunakan statusnya tersebut untuk mendapatkan sebuah posisi di masyarakat. Penelitian ini akan menguraikan mengenai Bagaimana sejatah gerakan perempuan di Indonesia? Bagaimana biografi Aisyah Hamid Baidlowi? Bagaimana sepak terjang Aisyah Hamid Baidlowi di bidang agama, sosial, dan politik tahun1959-2018? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan biografi dan sosio-politik. Pendekatan biografi digunakan untuk melihat perjalanan hidup Aisyah mulai dari latar belakang keluarga, pendidikan, dan gerakannya di berbagai bidang. Teori sosio-politik digunakan untuk melihat interaksi Aisyah dengan lingkungan dan masyarakat. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsep gerakan. Gerakan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia memiliki makna pergerakan, usaha, atau kegiatan dalam lapangan sosial, politik, dan sebagainya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori peranan sosial yang dikemukakan oleh Erving Goffman. Menurut Goffman, peranan sosial merupakan salah satu konsep sosiologi yang paling sentral yang didefinisikan dalam pola-pola atau norma-norma perilaku yang diharapkan dari orang yang menduduki posisi tertentu dalam struktur sosial. Metode yang digunakan adalah metode sejarah yang digunakan untuk merekonstruksi peristiwa masa lalu melalui empat tahap, yakni heuristik, verifikasi, interpretasi, dan historiografi. Aisyah Hamid Baidlowi lahir di Jombang pada 6 Juni 1940. Gerakan Aisyah di bidang agama dimulai dari jenjang IPPNU sebagai juru komunikasi antara PP IPNU IPPNU dengan pihak Departemen Agama sekitar 1956-1958. Setelah itu Aisyah meneruskan gerakannya di PW Fatayat DKI Jakarta sebagai sekretaris, hingga menjadi bendahara di PP Fatayat tahun 1962-1967. Puncak perjuangannya di NU adalah ketika ia terpilih menjadi Ketua Umum PP Muslimat NU 1995-2000. Selain di NU, Aisyah juga menjabat sebagai ketua Pengajian al-Hidayah ormas sayap Partai Golkar tahun 2000-2010. Gerakannya di berbagai daerah, dan juga melalui al-Hidayah dengan melakukan penggalangan dana, pelatihan skill, bahkan pendampingan psikologi korban bencana. Gerakannya di bidang politik dimulai dengan terpilihnya Aisyah sebagai anggota DPR RI Komisi VIII. Di komisi ini ia mengajukan affirmative action, merumuskan UU No, 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana, dan UU No. 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan dalam Rumah Tangga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Badrun, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Aisyah Hamid Baidlowi, Muslimat NU, Golkar
Subjects: Biografi Tokoh
Organisasi Masyarakat > Nahdlatul Ulama (NU)
Politik dan Agama
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 16 Feb 2022 10:33
Last Modified: 16 Feb 2022 10:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49310

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum