PROGRAM LITERASI DALAM MENGEMBANGKAN CRITICAL THINKING PADA PEMBELAJARAN PAI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PIYUNGAN YOGYAKARTA

Ardani Alfatchurrozi, NIM : 14410135 (2022) PROGRAM LITERASI DALAM MENGEMBANGKAN CRITICAL THINKING PADA PEMBELAJARAN PAI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PIYUNGAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PROGRAM LITERASI DALAM MENGEMBANGKAN CRITICAL THINKING PADA PEMBELAJARAN PAI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PIYUNGAN YOGYAKARTA)
14410135_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PROGRAM LITERASI DALAM MENGEMBANGKAN CRITICAL THINKING PADA PEMBELAJARAN PAI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PIYUNGAN YOGYAKARTA)
14410135_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Kegiatan membaca perlu dimiliki oleh setiap orang, terlebih lagi oleh para pelajar, guru, pendidik, civitas akademik, dan lainnya. Kemampuan berliterasi peserta didik berkaitan erat dengan tuntutan keterampilan membaca yang berujung pada kemampuan memahami informasi secara analisis, kritis, dan reflektif. Melalui kemampuan literasi, seseorang tidak saja memperoleh ilmu pengetahuan tetapi juga bisa menggunakan ilmu pengetahuaan dan pengalamannya untuk dijadikan rujukan di masa yang akan datang. Literasi yang dilakukan individu seperti dengan membaca, menyimak informasi atau cerita, maka individu dapat menemukan cara dalam menyelesaikan masalah, sehingga individu akan melakukan analisis dari permasalahannya dan pada akhirnya akan membentuk karakter atau pribadi yang kritis. Program Literasi Sekolah di SMP Negeri 2 Piyungan menjadi salah satu alternatif untuk memberikan dampak positif terhadap minat baca siswa. Dengan kemampuan literasi yang baik, maka diharapkan kemampuan berpikir kritispun akan meningkat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pelaksanaan Program Literasi Sekolah di SMP Negeri 2 Piyungan kepada pelaksana dan pemangku kepentingan program gerakan literasi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (Field Research) yang menggunakan metode kualitatif, yaitu penelitian yang bertujuan melakukan studi yang mandalam mengenai suatu unit sosial, dengan mengambil lokasi SMP N 2 Piyungan. Metode pengumpulan data berupa wawancara kepada Kepala Sekolah, Guru PAI dan Siswa kelas VIII, observasi non-partisipan dimana peneliti sebagai pengamat independen serta dokumentasi pelaksanaan program literasi dan aktivitas siswa. Teknik analisis dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program literasi di SMP N 2 Piyungan sudah berjalan dengan baik dimana siswa terbiasa untuk membaca dan diharapkan mampu memberikan dampak critical thinking pada pembelajaran PAI. Hal ini dapat dilihat dari beberapa indikator kemampuan berfikir kritis yang dicapai oleh siswa, yaitu: kemampuan mengenal dan memecahkan masalah, kemampuan menyintesis, kemampuan menganalisis, kemampuan mengevaluasi atau menilai, kemampuan menyimpulkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Prof. Dr. H. Tasman, MA.
Uncontrolled Keywords: Program Literasi, Critical Thinking, Pembelajaran PAI
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 16 Feb 2022 13:18
Last Modified: 16 Feb 2022 13:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49328

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum