IMPLEMENTASI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONALISME TENAGA PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) NURUL UMMAH YOGYAKARTA

Laily Nur Azizah, NIM: 14490028 (2022) IMPLEMENTASI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONALISME TENAGA PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) NURUL UMMAH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONALISME TENAGA PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) NURUL UMMAH YOGYAKARTA)
14490028_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN PROFESIONALISME TENAGA PENDIDIK DAN KEPENDIDIKAN DI MADRASAH TSANAWIYAH (MTs) NURUL UMMAH YOGYAKARTA)
14490028_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini tentang implementasi manajemen sumber daya manusia di MTs Nurul Ummah Yogyakarta yang memberdayakan alumni dari Pondok Pesantren Nurul Ummah atau MA Nurul Ummah untuk menjadi tenaga pendidik dan kependidikan di MTs Nurul Ummah sehingga mengakibatkan kekurangan tenaga pendidik dan kependidikan. Hal ini menjadikan beberpa tenaga pendidik yang memiliki double job. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilaksanakan di MTs Nurul Ummah Yogyakarta dengan narasumber kepala madrasah. Data diambil melalui observasi non partisipatif, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa implementasi manajemen sumber daya manusia untuk meningkatkan profesionalisme tenaga pendidik dan kependidikan di MTs Nurul Ummah Yogyakarta sudah diterapkan dengan baik. Kurang lebih untuk saat ini terdapat 23 tenaga pendidik dan kependidikan dengan jumlah kelas untuk saat ini 11 kelas, meskipun memiliki beberapa kendala seperti kekurangan sumber daya manusia sehingga pengerjaan tugas dengan sistem gotong royong atau bersama-sama sehingga beberapa pegawai memiliki double job dan kedisiplinan yang belum diterapkan secara maksimal di madrasah tersebut. Solusi dalam mengatasi hal ini selain dilakukan supervisi akademik pihak madrasah juga mendorong para pegawai untuk mengikuti pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan kemampuan diri dan peningkatan kinerja untuk menguatkan pembentukan profesionalisme dalam diri setiap tenaga pendidik dan kependidikan yang ada di MTs Nurul Ummah Yogyakarta

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Zainal Arifin S. Pd. I, M. S. I
Uncontrolled Keywords: manajemen sumber daya manusia, profesionalisme, tenaga pendidik dan kependidikan.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 16 Feb 2022 13:17
Last Modified: 16 Feb 2022 13:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49338

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum