ANALISIS KESALAHAN FONOLOGI DALAM MEMBACA AL-QUR’AN (AD-DHUHA) PADA MATA PELAJARAN TAHFIZUL QUR’AN SISWA KELAS VIII MTS DARUSSALAM YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2019/2020

Ulin Nuha, NIM. 15420066 (2020) ANALISIS KESALAHAN FONOLOGI DALAM MEMBACA AL-QUR’AN (AD-DHUHA) PADA MATA PELAJARAN TAHFIZUL QUR’AN SISWA KELAS VIII MTS DARUSSALAM YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KESALAHAN FONOLOGI DALAM MEMBACA AL-QUR’AN (AD-DHUHA) PADA MATA PELAJARAN TAHFIZUL QUR’AN SISWA KELAS VIII MTS DARUSSALAM YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2019/2020)
15420066_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KESALAHAN FONOLOGI DALAM MEMBACA AL-QUR’AN (AD-DHUHA) PADA MATA PELAJARAN TAHFIZUL QUR’AN SISWA KELAS VIII MTS DARUSSALAM YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2019/2020)
15420066_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Ulin Nuha (15420066) Analisis Kesalahan Fonologi dalam Membaca Al- Qur‟an (Ad-Dhuha) pada Mata Pelajaran Tahfizul Qur’an Siswa Kelas VIII MTs. Darussalam Yogyakarta. Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk kesalahan membaca Al-Qur‟an siswa dalam tataran fonologi, faktor-faktor penyebab kesalahan membaca dan upaya untuk meminimalisasi kesalahan membaca Al- Qur‟an. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dilakukan di MTs Darussalam Yogyakarta. Sedangkan pengumpulan datanya dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data dilakukan dengan deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bentuk kesalahan membaca Al- Qur‟an ada tiga, yaitu perubahan fonem, penghilangan fonem, dan penambaham fonem. Faktor penyebab kesalahan membaca Al-Qur‟an adalah karakteristik membaca bahasa Arab yang berbeda dengan bahasa Indonesia atau bahasa Jawa, membaca bahasa Arab (Al-Qur‟an) merupakan pelajaran baru bagi siswa, apalagi ketika masa kecil yang menjadi basic orang tuanya tidak memperhatikan hal tersebut, akan sulit di masa datang siswa dalam membaca Al-Qur‟an. Kurangnya motivasi siswa dalam pembelajaran tahfizul qur’an. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi kesalahan membaca Al-Qur‟an siswa kelas VIII MTs Darussalam Yogyakarta adalah meningkatkan intensitas pendampingan baca tulis Al-Qur‟an bagi siswa MTs Darussalam Yogyakarta, guru melakukan sharing dengan sesame guru sekolah lain yang lebih berpengalaman, guru memotivasi agar bersemangat dalam pemblajaran tahfizul qur’an

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Nurul Huda, S.S.,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kesalahan Fonologi, Membaca, Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 16 Feb 2022 13:18
Last Modified: 16 Feb 2022 13:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49346

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum