PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK DALAM KELUARGA PESERTA DIDIK KELOMPOK BELAJAR UMMAHAT DESA SITIMULYO PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA SKRIPSI Diajukan kepada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta untuk Memenuhi Sebagian Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Strata Satu Pendidikan (S.Pd.) Disusun Oleh: Fifi Nur Azizah NIM : 17104010030 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA 2021

Fifi Nur Azizah, NIM .17104010030 (2021) PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK DALAM KELUARGA PESERTA DIDIK KELOMPOK BELAJAR UMMAHAT DESA SITIMULYO PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA SKRIPSI Diajukan kepada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta untuk Memenuhi Sebagian Syarat Memperoleh Gelar Sarjana Strata Satu Pendidikan (S.Pd.) Disusun Oleh: Fifi Nur Azizah NIM : 17104010030 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA 2021. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK DALAM KELUARGA PESERTA DIDIK KELOMPOK BELAJAR UMMAHAT DESA SITIMULYO PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA SKRIPSI Diajukan kepada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta untuk Memenuhi)
17104010030_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK DALAM KELUARGA PESERTA DIDIK KELOMPOK BELAJAR UMMAHAT DESA SITIMULYO PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA SKRIPSI Diajukan kepada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta untuk Memenuhi)
17104010030_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa mayoritas peserta didik Kelompok Belajar Ummahat bermanhaj salaf tentu memiliki konsep dalam mendidik anak, peneliti ingin mengungkap bagaimana para peserta didik dalam mendidik anaknya di bidang keagamaan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan pendidikan agama Islam pada anak dalam keluarga, kendala yang dihadapi keluarga, dan upaya orang tua dalam memenuhi kebutuhan pendidikan agama Islam pada anak dalam keluarga peserta didik Kelompok Belajar Ummahat Yogyakarta. Penelitian ini merupakan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah keluarga peserta didik Kelompok Belajar Ummahat yang terdiri dari ibu, ayah, dan anak. Pengumpulan data dilaksanakan dengan menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan:1) Pendidikan agama Islam pada anak dalam keluarga peserta didik Kelompok Belajar Ummahat adalah proses pembelajaran dasar-dasar agama Islam agar memahami Islam secara menyeluruh dan mengamalkannya dalam kehidupan. Tujuan pendidikan agama Islam yaitu mengenalkan anak tentang Islam agar beragama Islam dengan benar, memahaminya, dan mengamalkannya. Materi pendidikan agama Islam yaitu tauhid/aqidah, manhaj, akhlak dan adab, fiqih, ibadah. Metode yang digunakan yaitu nasihat, tauladan, diskusi, dan praktik. Peran ibu dalam mendidik anak yaitu memberikan peringatan, pemahaman tentang bagaimana harus beragama, menjadi contoh sesuai kemampuan. Peran ayah dalam mendidik anak yaitu mengajari prinsip dan nilai dasar. Penerapan pendidikan agama Islam pada anak ialah sedini mungkin. 2) Kendala yang dihadapi keluarga yaitu kendala internal dan eksternal. 3) Upaya orang tua dalam memenuhi kebutuhan anak yaitu membiasakan kegiatan positif dalam kehidupan sehari-hari, memberi suri tauladan, mengasuh anak dengan baik, memasukkan anak ke lembaga pendidikan agama Islam, memfasilitasi buku keagamaan dan internet sehat untuk mengakses pendidikan agama Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Akhmad Sholeh, S.Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam, Anak, Keluarga, Kelompok Belajar Ummahat
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 16 Feb 2022 13:40
Last Modified: 16 Feb 2022 13:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/49351

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum